5 Beasiswa Kuliah Yang Sangat Recomended Untuk Kau Coba

Mempersiapkan diri lebih awal tentunya sangat menunjang keberhasilan meraih beasiswa. Arah lebih terperinci dan tekad untuk memperoleh beasiswa yang diimpikan semakin matang. Banyaknya beasiswa yang ditawarkan setiap tahun memang sangat menguntungkan bagi pelamar. Setidaknya beragam pilihan tersedia. Tapi, seiring berjalannya waktu, tidak sedikit pula beasiswa yang sebelumnya rutin dibuka, tahun ini sudah tidak terlihat lagi. Bisa jadi aktivitas beasiswa tersebut ditutup atau berganti dengan jenis dan nama beasiswa yang baru. Masalahnya mungkin, Anda sudah mempersiapkan diri untuk beasiswa yang dimaksud, tapi ketika waktu yang ditunggu-tunggu tiba, beasiswa tersebut tidak lagi buka

Kecewa, tapi tak perlu mengurungkan niat. Banyak peluang lain yang perlu dipertimbangkan. Meski harus menyesuaikan lagi dengan kriteria dan persyaratan yang mereka tetapkan. Nah, di sinilah perlunya mengetahui info beasiswa yang rutin dibuka. Sehingga Anda mampu menghadapi beragam jenis beasiswa sekaligus. baiklah, ini ia daftar 5 beasiswa yang sangat kami rekomendasikan untuk sobat semua.

1. Bidik Misi
Bantuan biaya pendidikan diberikan semenjak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 semester untuk aktivitas Diploma III. Beasiswa ini berupa pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi, baik uang pangkal maupun SPP per bulan. Selain itu, mahasiswa peserta beasiswa juga mendapat uang saku untuk biaya kuliahnya yang akan diterimanya setiap 6 bulan sekali. Besaran Biaya Bidikmisi ialah sebesar 6 Juta Rupiah / Semester yang terdiri atas 2 Komponen :

  • Bantuan biaya penyelenggaraan yang dikelola perguruan tinggi, maksimal 40% dari pemberian biaya pendidikan sebesar Rp2.400.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah) per-semester per-mahasiswa yang dipakai untuk pembayaran biaya pendidikan khusus Bidikmisi.
  • Bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa, minimal 60% dari pemberian biaya pendidikan sebesar Rp 3.600.000,00 (empat juta lima ratus ribu rupiah) persemester per mahasiswa yang ditetapkan dengan SK Rektor/Direktur/Ketua.
Tujuan diselenggarakannya Beasiswa Bidikmisi ialah untuk meningkatkan kanal dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta asuh yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik, memberi pemberian biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan aktivitas Diploma atau Sarjanasampai final dan sempurna waktu, meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler, menjadikan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetif, dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan mempunyai kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. 

2. Beasiswa Bank Indonesia
Mau tau seberapa besar beasiswa ini? Yups harian tempo memberitakan bahwa beasiswa reguler yang diberikan kepada  3.040 mahasiwa dinaikkan dari Rp 500 ribu menjadi Rp 750 ribu per bulan. Waw jumlah yang tidak sedikit loh, dan ingat PERBULAN. Jumlah ini sudah melebihi beasiswa pertamina yang membiayai 500.000 perbulan. Gmna tertarik?. Namun perlu sobat ketahui bahwa kriteria peserta beasiswa reguler antara lain berasal dari keluarga tidak mampu dan mempunyai indeks prestasi kumulatif sementara (IPK dari semester 1) minimal 3. Bagi kau yang mempunyai nilai bagus, kau juga mampu mengikuti aktivitas ini. Sementara nilai beasiswa bagi 80 mahasiswa unggulan yang mempunyai IPK 3,5 dinaikkan dari Rp 1,2 juta menjadi Rp 1,5 juta per bulan.

3. Beasiswa Pertamina
Beasiswa Pertamina yang satu ini ditujukan bagi mahasiswa dari jenjang S1 yang sudah menginjak minimal semester 4 dan maksimal semester 7 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.0 untuk Universitas di cuilan barat dan 2,75 untuk Universitas di Timur. Tidak seolah-olah beasiswa lain yang hanya mendasarkan evaluasi dari prestasi akademik. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi mengharuskan calon peserta untuk terlibat aktif dalam organisasi sosial terutama yang bertemakan lingkungan, seolah-olah organisasi pemberian tumbuhan dan fauna langka atau organisasi pemberian habitat liar. Proses seleksinyapun cukup ketat dan tidak mampu sembarang mahasiswa mengajukan beasiswa ini.

Syarat paling utama ialah mahasiswa calon peserta beasiswa harus berasal dari Universitas kawan Pertamina Foundation (ada 48 Perguruan Tinggi, 24 Perguruan Tinggi merupakan Universitas Negeri). Jika lolos proses seleksi kau berhak mendapat Penggantian biaya semester, Biaya hidup perbulan sebesar Rp 600.000 dan kesempatan untuk berkeliling Indonesia. Karena beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa dari Sabang hingga Merauke maka jangan heran jikalau nantinya kau akan mempunyai banyak sobat dari banyak sekali suku di Indonesia.

4. Beasiswa PPA dan BPP-PPA
Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) diperuntukan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri. Untuk mendapat beasiswa ini mahasiswa harus memenuhi syarat seolah-olah IPK paling rendah harus mencapai 3.00, sedang kuliah pada semester dua dan mampu dari semester pertama asal ada rekomendasi dari pihak sekolah dan mempunyai prestasi sewaktu di SMA, mempunyai prestasi bidang ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler sebagai nilai plus dsb. Biasanya pengumuman penerimaan beasiswa ini akan diumumkan pihak Fakultas/Jurusan tinggal mahasiswa mendaftarkan diri dan melampirkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Hasil tamat tentu saja hanya mahasiswa yang mempunyai kualifikasi paling baik diantara pelamar lainnya yang akan mendapat beasiswa ini.
sedangkan Persyaratan dan mekanisme pengajuan Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA) tidak jauh berbeda dengan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Hanya saja Beasiswa Bantuan PPA harus menyertakan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua dan Surat Keterangan Tidak Mampu atau layak mendapat pemberian yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat berwenang.
Beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) dan pemberian biaya pendidikan peningkatan prestasi akademik (BPP-PPA) disediakan pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Beasiswa PPA dan BPP PPA ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air. Penerima beasiswa PPA – BPP PPA akan mendapat Rp 350 ribu per bulan yang diberikan kepada mahasiswa aktif menurut periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. 

5. Beasiswa Djarum
Beasiswa Djarum Foundation ini tidak kalah kece dengan Beasiswa Bank Indonesia bukan hanya financial tapi kau juga akan mendapat banyak sekali pelatihan seolah-olah Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposur dsb. Beasiswa ini diperuntukan untuk Perguruan Tinggi yang bermitra dengan Program Djarum Beasiswa Plus. Untuk mendapat beasiswa ini kau harus memenuhi syarat manajemen seolah-olah mahasiswa semester empat, mempunyai IPK 3.00, aktif dalam berorganisasi. Nah, sesudah dinyatakan lulus manajemen kau harus menaklukan serangkaian tes dan wawancara.
Penerima beasiswa Djarum  akan mendapat dana beasiswa sebesar Rp 750 ribu per bulan yang diberikan selama 1 tahun. Sementara, aktivitas soft skill yang diberikan di antaranya mencakup Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, International Exposure, serta Community Empowerment. 

nah sobat semua, biar postingan di atas mampu membantu meringankan beban kuliah kalian ya, jangan lupa share potingan ini jikalau di rasa bermanfaat 

sumber: 
https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
wikipedia
https://beasiswa-id.net
www.beasiswapascasarjana.com

Belum ada Komentar untuk "5 Beasiswa Kuliah Yang Sangat Recomended Untuk Kau Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel