Contoh Rpp Kimia Xii Kurikulum 2013 : Elektrolisis

                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah:
SMA ___
Mata pelajaran:
KIMIA
Kelas/Semester:
XII/ I
Alokasi Waktu:
6  jam pelajaran
A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai cuilan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah asing terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.       Kompetensi Dasar
1.1.Menyadari adanya keteraturandalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawamakromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan ihwal adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2. 1. Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  bisa membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melaksanakan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2. 2. Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta tenang dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2. 3. Menunjukkan sikap responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan duduk masalah dan membuat keputusan.
3.3. Mengevaluasi gejala atau proses yang terjadi dalam pola sel elektrokimia (sel volta dan sel elektrolisis) yang digunakan dalam kehidupan.
4.3.Menciptakan ide/gagasan produk sel elektrokimia.
C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.       Menunjukan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan YME atas adanya keteraturan dalam reaksi redoks sehingga terciptanya aneka macam produk untuk kehidupan sehari-hari

2.       Menunjukkan sikap rasa ingin tahu, disiplin, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, komunikatif dalam   merancang dan melaksanakan percobaan sel elektrolisis dan penyepuhan logam
3.       Bekerja sama dalam melaksanakan praktikum dan diskusi, membuang limbah praktikum pada tempatnya dan menggunakan bahan-bahan praktikum secukupnya
4.       Proaktif dalam acara diskusi untuk memecahkan duduk masalah dalam sel elektrolisis dan penyepuhan logam
5.       Menjelaskan prinsip sel elektrolisis
6.       Membedakan reaksi redoks   pada larutan dan  lelehan berdasarkan data percobaan sel elektrolisisdengan elektroda inert
7.       Menjelaskan reaksi redoks  pada sel elektrolisis larutan dengan elektroda tidak  inert berdasarkan data percobaan
8.       Menganalisis reaksi redoks  yang terjadi pada proses penyepuhan logam, pemurnian logam dan pembuatan senyawa
9.       Memberikan pola produk industri hasil proses  elektrolisis
10.      Merancang  perangkat  sel elektrolisis untuk proses penyepuhan
11.      Merancang  acara praktik penyepuhan logam
12.      Melakukan penyepuhan benda-benda dari logam sesuai rancangan
13.      Membuat laporan kiprah proyek  penyepuhan logam 
D.      Materi Pembelajaran
1.         Prinsip sel elektrolisis
Elektrolisis artinya penguraian suatu zat final arus listrik. Zat yangterurai sanggup berupa padatan, cairan, atau larutan. Arus listrik yangdigunakan ialah arus searah. Tempat berlangsungnya reaksi reduksi dan oksidasi dalam selelektrolisis sama menyerupai pada sel volta, yaitu anoda (reaksi oksidasi) dan katoda (reaksi reduksi). Perbedaan sel elektrolisis dan sel volta terletakpada kutub elektroda. Pada sel volta, anoda (–) dan katoda (+), sedangkanpada sel elektrolisis sebaliknya, anoda(+) dan katoda(–). Pada sel elektrolisis anode dihubungkan dengan kutub positif sumber energi listrik, sedangkan katoda dihubungkan dengan kutub negatif. 
2.         Reaksi redoks pada sel elektrolisis
Reaksi pada sel elektrolisis yang dibahas  meliputi:
-          Reaksi redoks dalam elektrolisis larutan dengan elektroda inert
-          Reaksi redoks dalam elektrolisis lelehan dengan elektroda inert
-          Reaksi redoks dalam elektrolisis larutan dengan elektroda tidak inert
           Contoh reaksi redoks dalam elektrolisis larutan NaCl
                Katoda:              2H2O(l) + 2e                      H2(g) + 2OH(aq)
                Anoda:                        2Cl(aq)                         Cl2(g) + 2e
                Reaksi :      2H2O(l) + 2 Cl(aq)                        H2(g) + Cl2(g) + 2OH(aq)
3.         Kegunaan elektrolisis
Elektrolisis banyak dilakukan pada  industriseperti pada elektroplating atau penyepuhan logam, pemurnian logam dan pembuatan senyawa
-       Penyepuhan (electroplating) ialah suatu metode elektrolisis untuk melapisi permukaan logam oleh logam lain yang lebih stabil terhadap cuaca atau untuk menambah keindahannya. Contohnya, besi dilapisi nikel semoga tahan karat, tembaga dilapisi perak atau emas semoga lebih bernilai
-       Pemurnian logam melalui elektrolisis dilakukan untuk memurnikan logam dari campurannya, misalnya pemurnian logam tembaga
-       Pembuatan senyawa kimia melalui elektrolisis dilakukan untuk memperoleh senyawa atau unsur murni untuk keperluan laboratorium. Contohnya pembuatan NaOH dari elektrolisis larutan NaCI, pembuatan unsur F2 dengan elektrolisis larutan HF dalam Kfcair

4.         Praktik elektolisis larutan dan penyepuhan
Praktik elektrolisis Na2SO41 M, Larutan KI    1 M, Larutan  CuSO4    1 M  dengn elektroda inert atau elektroda tidak inert
Merancang kegiatan  praktik penyepuhan, merancang perangkat penyepuhan logam dan merancang laporan kiprah proyek
Praktik   penyepuhan logam sesuai dengan prinsip reaksi redoksnya 


 Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang   dianutnya Contoh RPP Kimia XII Kurikulum 2013 :  ELEKTROLISIS


E.        Kegiatan Pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama: 3 JP
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan









Stimulation (stimullasi/ derma rangsangan)

Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)



Data collection (pengumpulan data)








Data processing (pengolahan Data)

Verification (pembuktian)


Generalizatio (menarik kesimpulan)






Guru memberi salam dilanjutkan dengan menanyakan kabar siswa dan kesiapan belajar.
Melakukan apersepsi dengan memperlihatkan pertanyaan ihwal reaksi redoks pada sel volta.
Peserta didik mengamati demonstrasi percobaan    elektrolisis larutan,rangkaian sel yang pertama tidak diberikan arus listrik dan yang kedua diberikan arus listrik.


Peserta didik diminta  mengemukakan sebanyak mungkin  pertanyaan  yang berkaitan dengan hasil pengamatannya pola pertanyaan:
-        Mengapa pada sel yang diberi arus listrik ada gelembung gas disekitar elektrodanya?
-        Mengapa ada perbedaan gejala yang terjadi pada kedua  elektroda?
-        Apa yang terjadi kalau elektrodanya berbeda?
Peserta didik menyimak berita acara pembelajaran  yang akan dilakukan. 
Peserta didik dalam kelompok mengkaji LKS “Reaksi redoks pada Sel Elektrolisis”
Melakukan praktikum sel elektrolisis  secara berkelompok menggunakan  LKS yang tersedia.
Mencatat data  pengamatan hasil percobaan meliputi gejala yang terjadi pada elektroda positif dan negatif dalam sel elektrolisis pada kolom  yang tersedia pada LKS.
Mempelajari reaksi redoks pada elektrolisis lelehan garam dari buku teks
Diskusi kelompokmengolah data  hasil percobaan yaitu   reaksi yang terjadi pada elektroda positif dan negatif pada sel elektrolisis aneka macam senyawa dengan perlindungan pertanyaan-pertanyaan pada LKS.

Mendiskusikan dan memverivikasi hasil pengolahan datapercobaan reaksi  redoks yang terjadi   pada elektrolisis larutan dan lelehan dengan data-dataatau teori pada buku sumber
Peserta didik  menyimpulkan  reaksi yang terjadi pada elektrolisis larutan dengan elektroda inert dan tidak inert  dan  reaksi redoks pada elektrolisis lelehan garam
15 menit
Kegiatan Inti **)



















10 menit








45 menit











20 menit




25 menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik   dan guru mereview hasil  pembelajaran ihwal reaksi redoks pada sel elektrolisis
Guru memperlihatkan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
Siswa menjawab kuis ihwal sel elektrolisis
Pemberian kiprah untuk mempelajari materi Kegunaan Sel elektrolisis

20 menit

2.       Pertemuan kedua dan ketiga: 3  jam pelajaran
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan











Penentuan Pertanyaan Mendasar












Mendesain Perencanaan Proyek





Menyusun Jadwal


Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek

Menguji Hasil






Mengevaluasi Pengalaman





Guru memberi salam dilanjutkan dengan  menanyakan kabar siswa dan kesiapan belajar
Memberikan pertanyaan ihwal prinsip  dan reaksi pada sel elektrolisis
Memberikan motivasi dengan tanyajawab produk-produk hasil elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik membaca teks ihwal kegunaan elektrolisis  yang tersedia pada buku sumber, dan mengamati gambar-gambar produk hasil elektolisis dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik diminta mengemukakan pertanyaan yang terkait dengan produk hasil elektolisis  terutama penyepuhan logam yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Contoh pertanyaan
-   Mengapa pemanis dari tembaga sanggup dilapisisi  atau disepuh dengan logam lain?
-   Bagaimana cara  menyepuh benda dari suatu logam dengan logam lain semoga lebih indah?
-   Dapatkah kami melaksanakan penyepuhan benda-benda dari logam?

Mengkaji teks materi  proses penyepuhan, pemurnian logam dan pembuatan unsur atau senyawa melalui proses elektrolisis pada buku sumber dan internet.
Merencanakan kiprah proyek praktik penyepuhan logam meliputi:  membuat aturan penyelesaian proyek, merancang kiprah proyek, mempresentasikan  rancangan kiprah proyek
 Peserta didik  menyusun jadwal program penyelesaian proyek dibimbing guru meliputi :  jadwal  disain Perencanaan proyek, Pelaksanaan kiprah proyek,   Pelaporan hasil kiprah proyek.
Peserta didik melaksanakan kiprah proyek sesuai rancangan kegiatan, guru  memonitor  program yang penting dari peserta didik selama merampungkan proyek menggunakan  rubrik yang telah disiapkan

Peserta didik mempresentasikan  laporan kiprah proyek
Guru menilai   presentasi laporan kiprah proyek, laporan rancangan  kiprah proyek, laporan praktik  penyepuhan sesuai rancangan dan produk penyepuhan logam.
Mendiskusikan materikegunaan sel elketrolisis lainnya yaitu pemurnian logam dan pembuatan unsur atau senyawa
5 menit
Kegiatan Inti **)


10 menit









30 menit
















45 menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik   dan guru mereview hasil    pembelajaran kegunaan sel elektrolisis.
Refleksi terhadap pemahaman pembelajaran kegunaan sel elektrolisis.
Pemberian penghargaan kepada kelompok yang   berkinerja baik.
Peserta didik menjawab kuis ihwal kegunaan sel elektrolisis dan penyepuhan logam.
Pemberian kiprah mempelajari materi  Hukum Faraday.
45 menit
F.        Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Teknik penilaian :

No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1.
Sikap
-        Observasi Kegiatan Praktikum
-        Observasi Kegiatan Diskusi
-        Penilaian Diri
-        Penilaian Antar Peserta Didik
-        Jurnal
-     Lembar Observasi
-     Lembar Observasi
-     Format  Penilaian
-     Format Penilaian
-     Catatan
2.
Pengetahuan
- Tes tertulis

- Penugasan
-     Soal pilihan ganda
-     Soal Uraian
-     Tugas
3.
Keterampilan
- PenilaianPraktik
- Penilaian Proyek
- Penilaian Portofolio
-     Lembar Pengamatan
-     Format  Penilaian 
-     Format Penilaian

2.       Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama:
-        Penilaian Sikap: Lembar observasi sikap pada ketika praktik  “ Reaksi redoks pada sel elektrolisis”
-        Penilaian Pengetahuan:   Soal pilihan ganda,  uraian dan tugas  materi Prinsip sel elekrolisis dan Reaksi redoks pada sel elektrolisis
-        Penilaian Keterampilan:   Lembar pengamatan keterampilan pada ketika praktik  “ Reaksi redoks pada sel elektrolisis”
b. Pertemuan Kedua :     
-      Penilaian Sikap  :   Lembar observasi diskusi merancang kiprah proyek Praktik Penyepuhan   logam
-      Penilaian Pengetahuan: Soal pilihan ganda,  uraian  materi kegunaan sel elektrolisis
-      Penilaian Ketrampilan :  Format Penilaian kiprah proyek dan  format penilaian portofolio Laporan proyek.
3.    Pembelajaran Remedial :
Pembelajaran remedial dilaksanakan segera sesudah diadakan penilaian bagi peserta didik yang  mendapat nilai  di bawah 2,67.
Strategi pembelajaran remedial  dilaksanakan dengan pembelajaran remedial, penugasan dan tutor sebaya berdasarkan indikator pembelajaran yang belum dicapai oleh masing-masing peserta didik.
4.     Pengayaan  :
Peserta didik  yang mendapatkan nilai diatas 2,67 diberikan kiprah mengkaji materi penerapan elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari dan atau soal-soal higherordered thinking.
5.       Kunci dan Pedoman Penskoran ( pada lampiran)
G.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/Alat :  Alat praktikum sesuai yang tercantum pada LKS
2.      Bahan :  Bahan praktikum sesuai yang tercantum pada LKS
3.      Sumber Belajar : Buku kimia kelas XII Kurikulum 2013, Buku Kimia kelas XII BSE, Bahan bacaan yang relevan dari internet 
Lampiran 1: Instrumen Penilaian
A.      Instrumen Penilaian Sikap
1.       Lembar Observasi  Sikap
a.       Sikap pada kegiatan Praktikum
Lembar Penilaian  pada Kegiatan Praktikum
Mata Pelajaran :   Kimia
Kelas/Semester:  XII/1
Topik:  Sel elektrolisis
Judul Praktikum: Reaksi  redoks pada sel elektrolisis
Indikator: Peserta didikmenunjukkan sikap ilmiah  disiplin, tanggung  jawab, kerjasama,  teliti kreatif dan peduli lingkungan dalam melaksanakan percobaan kimia
No
Nama Siswa
Disiplin

Tanggung jawab
Kerjasama 

Teliti

Kreatif

Peduli Lingkungan

Jumlah Skor
Nilai
1.
.....................








2.









......










Rubrik Penilaian
Nilai observasi pada ketika praktikum
Skor 4  = sangat baik
Skor  3 = baik
Skor  2 = cukup
Skor 1  = kurang



b.      Sikap pada ketika Diskusi
Lembar Penilaian pada  Kegiatan Diskusi
Mata Pelajaran:  Kimia
Kelas/Semester:  XII / 1
Topik  :  Sel elektrolisis
Kegiatan Diskusi: Merancang kiprah proyek praktik penyepuhan logam
Indikator :  Peserta didik  memperlihatkan perilaku  kerjasama, rasa ingin tahu, santun,  dan komunikatif sebagai wujud kemampuan memecahkan duduk masalah dan membuat keputusan.
No
Nama Siswa
Kerja sama
Rasa ingin tahu

Santun


Komunikatif

Jumlah Skor
Nilai
1.
................






2.
................






...







.


Rubrik Penilaian
Nilai observasi pada ketika diskusi
Skor 4  = sangat baik
Skor  3 = baik
Skor  2 = cukup
Skor 1  = kurang


2.       Lembar Penilaian Diri
a.        Penilaian diri sesudah peserta didik belajar Sel elektrolisis
Penilaian Diri
Topik:......................

Nama: ................
Kelas: ...................
Setelah mempelajari materi Sel elektrolisis, Anda sanggup melaksanakan penilaian diri dengan cara memperlihatkan tanda Vpada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan.

No

Pernyataan
Sudah memahami

Belum memahami
1.
Memahami konsep sel elektrolisis


2.
Memahami reaksi redoks yang terjadi pada elektrolisis  larutan dengan elektroda inert


3.
Memahami reaksi redoks yang terjadi pada elektrolisis larutan dengan elektroda  tidak inert


4.
Memahami reaksi redoks yang terjadi pada elektrolisis lelehan garam dengan elektroda  inert


5
Perbedaan elekrolisis larutan dan elektrolisis lelehan


6
Menuliskan reaksi redoks yang terjadi pada sel elektrolisis


7
Memahami langkah-langkah percobaan sel elektrolisis


                                                                                                                                

b.      Penilaian diri sesudah melaksanakan tugas proyek Praktik Penyepuhan Logam.
Penilaian Diri
Tugas:............................  
Nama:..........................                                                                                                Kelas:..............................
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No
Pernyataan
YA
TIDAK
1
Selama   melaksanakan kiprah kelompok saya berafiliasi dengan sobat satu kelompok


2
Saya melaksanakan tugan sesuai jadwal


3
Saya  mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta


4
Saya melaksanakan kiprah sesuai dengan jadwal yang telah dirancang


5
Sebelum melakukantugas terlebih dahulu saya membaca literatur yang mendukung tugas


Rubrik   Penilaian
Nilai
Jika menjawab Ya, Skor= 2
Jika menjawab Tidak, Skor= 1

3.       Format   penilaian antar  peserta didik 
Penilaian antar Peserta Didik
Topik: Sel Elekrolisis.
Tanggal Penilaian: .30 -08 -2015
Nama Teman yang dinilai: Amanda
Nama Penilai:Bayu
-        Amati sikap temanmu dengan cermat selamat mengikuti pembelajaran  Kimia
-        Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
No
Perilaku
Dilakukan/muncul
YA
TIDAK
1.
Mau mendapatkan pendapat teman


2.
Memaksa sobat untuk mendapatkan pendapatnya


3.
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4.
Mau berafiliasi dengan semua teman


5.
Disiplin pada ketika belajar



4.       Format  Jurnal
JURNAL

Aspek yang diamati: ………………………….
Kejadian : ………………………….
Tanggal: ………………………….
Nama Peserta Didik: ………………………….
Nomor peserta Didik: ………………………….

Catatan Pengamatan Guru:
............................................................................................................................
..................................................................................................................
....................................................................................................


B.      Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.       Soal Pilihan Ganda .
Soal Pilihan Ganda

Topik: Sel Elekrolisis.
Tanggal Kuis: ...........
Nama :  ........................
Kelas : ...........................
Pilihlah jawaban    dengan memperlihatkan tanda silang pada yang benar
1.      Elektrolisis merupakan  penguraian suatu zat final arus listrik. Diantara pernyataan berikut yang  berlaku pada sel elektrolisis adalah....
A.         oksidasi terjadi pada katoda
B.          anoda bermuatan negatif
C.          migrasi kation menuju elektrode positif
D.         elektrode positip  dinamakan katoda
E.          reduksi berlangsung di katoda
2.       Perhatikan gambar percobaan elektrolisis larutan natrium klorida dengan elektroda karbon.
Pada pipa U bagian  A dan B ditetesi indilator universal sehingga larutan berwarna hijau.       Pada ketika rangkaian sel elektrolisis diberi arus listrik,  gejala yang timbul  pada cuilan A atau B adalah....


A.       pada cuilan A terdapat gelembung gas,    larutan berubah   menjadi berwarna merah
B.       pada cuilan B terdapat gelembung gas, larutan berubah men jadi berwarna merah
C.       pada cuilan B terdapat gelembung gas dan larutan berubah jadi merah kemudian menjadi tidak berwarna
D.       pada cuilan A tidak terdapat gelembung gas,  larutan berubah dari hijau menjadi berwarna biru
E.        pada cuilan B tidak terdapat gelembung gasdan larutan berubah jadi merah kemudian menjadi tidak berwarna
3.       eaksi yang terjadi pada katode dari elektrolisis larutan Na2SO4 ialah ….
A.    Na+ (aq) +  e Na (s)
B.2H2O (aq) + 2e 2OH- (aq) + H2 (g)
C.2H+ (aq) + 2e H2 (g)
D.    SO42- (aq) + 2e SO4 (aq)
E. 4OH- (aq) 2H2O (aq) + O2 (g) + 4e

4.       Pada elektrolisis lelehan NaCl 1 M dihasilkan  ....
A.       Gas Hidrogen  pada anoda
B.       Gas Klorin pada katoda
C.       Senyawa NaOH pada anoda
D.       Ion OH pada  anoda
E.       Senyawa NaOH  pada katoda
5.       Percobaan elektrolisis larutan   dilakukan siswa langsung pada  kertas lakmus yang dibasahi oleh larutan garam dapur pekat seperti  pada gambar dibawah ini

Z

X

_

+

C

C

Y

Lakmus yang dibasahi larutan larutan  garam dapur
 












X
Y
Z
A
merah
ungu
biru
B
biru
ungu
merah
C
biru
ungu
putih
D
biru
merah
putih
E
merah
putih
biru
Jika warna lakmus pada larutan garam dapur ialah ungu, sesudah dilakukan percobaan,  warna yang sanggup diamati pada titik  X,Y dan Z adalah....
6.       Pada  elektrolisis larutan KI 1 M dengan elektroda karbon  reaksi yang    terjadi  di   kutub anoda adalah ....
A.       2 H2O (l)à   4H+(aq) +  O2(g) + 4 e
B.       2 H2O (l)  +  2 eà   2 OH(aq)  + H2(g)
C.       K+(aq )   + eà  K (s)
D.       2  I(aq)à   I2 (s)  + 2 e
E.       2 H+(aq)  +  2 eà  H2(g)

7.       Temanmu melaksanakan elektrolisis larutan CuSO4  0,5 M, dia menggunakan elektroda Pt sebagai katode dan elektrode Fe sebagai anode. Catatan pengamatan temanmuyang benar adalah....
A.       gas H2 di katode dan anode Fe larut
B.       endapan Cu di katode dan gas O2 di anode
C.       gas H2 di katode dan gas O2 di anode
D.       endapan Cu di katode dan anode Fe larut
E.        endapan Fe di katode dan anode Fe larut

8.       Sekelompok siswa mempelajari aneka macam data reaksi  elektrolisis aneka macam senyawa.  Senyawa  yang menghasilkan gas Hidrogen di anodaadalah....
A.       NaH (l)
B.       Na2SO4 (aq)
C.       NaCl (l)
D.       HCl (aq)
E.        K2SO4 (aq)


b.      Soal Uraian

Soal Uraian
Topik: Sel Elekrolisis.
Tanggal Kuis: ...........
Nama :  ........................
Kelas : ...........................
Jawablah dengan singkat dan jelas

1.       Uraikan langkah-langkah melaksanakan elektrolisis larutan Na2SO4 menggunakan indikator universal dan tuliskan hasil pengamatannya !
2.  Tuliskan  reaksi  elektrolisis pada elektrolisis larutan NaCl dengan lelehan NaCl apa perbedaannya?
3.       Pemurnian logam tembaga dilakukan  proses elektrolisis larutan CuSO4 dengan elektroda tembaga, tembaga murni sebagai elektroda katoda, tembaga tidak murni digunakan sebagai anoda.  Tuliskan reaksi pada masing-masing elektroda?
4.       Gambarkanlah  bagan sel elektrolisis untuk menyepuh benda  dari besi  dengan tembaga , jelaskan prosesnya?
5.       Sebutkan 4 pola produk industri hasil proses elektolisis ?


Kunci Jawaban
Soal Pilihan Ganda:
No
1
2
3
4
5
6
7
8
Jawaban
E
C
B
E
C
D
D
A

Bobot soal masing-masing 1
Soal Uraian
No
Jawaban Soal
Skor
1.
Siapkan rangkaian sel elektrolisis larutan   Na2SO4     0,1 M 
Pada lisan tabung U diteteskan 2 tetes larutan indikator universal. Selanjutnya   diberikan arus listrik pada elektrode  kurang lebih selama  2 menit. Mengamati gejala yang terjadi dan perubahan warna  indikator pada elektroda (-)  katoda dan  elektroda  ( + ) anoda
Hasil pengamatan:
Di anoda terjadi gelembung gas dan indikator berubah menjadi berwarna merah
Di katoda   terjadi gelembung gas dan indikator berubah menjadi berwarna biru

10


10

2
Pada elektrolisis  larutan NaCl dihasilkan larutan NaOH, gas H2 dan Cl2 ,
Reaksi yang terjadi
Katoda (-)          :   2 H2O(l)+  2 e-H2(g) +  2 OH-(aq)
Anoda (+)          :   2 Cl-(aq )  Cl2(g)+  2 e-
Reaksi sel           :  2H2O(l)+ 2 Cl-(aq) H2(g) +  Cl2(g)+  2 OH-(aq)

Pada elektrolisis  lelehan NaCl dihasilkan larutan Na dan Cl2
Katoda (-) :          2 Na+(l)  +  2e-               2 Na(l)
Anoda (+)2Cl-(l)Cl2(g)  +  2e-
Reaksi Sel :     2 Na+ (l)  +  2 Cl- (l)             2 Na(l)  +  Cl2 (g)
10



10
3
Reaksi yang terjadi pada pemurnian logam tembaga
Reaksi inosasi:    CuSO4(aq)                         Cu2+(aq) + SO42- (aq)
Katoda (-) :          Cu2+(aq)  +  2e-Cu (s)
Anoda (+) Cu (s) Cu2+(aq)    +  2e-
Reaksi Sel : Cu (s) Cu (s)
10
4
Menyiapkan  alat menyerupai pada gambar.
Masukkan larutan tembaga(II) sulfat kedalam gelas kimia.
Celupkan  benda dari besi yang dihubungkan dengan kutub negatif dan tembaga murni yang dihubungkan dengan kutub positif.
Alirkan arus listrik sampai benda dari besi terlapisioleh tembaga
Pada prosesnya  Cu akan teroksidasi menjadi ion Cu2+   dan masuk ke larutan, ion Cu2+ dari larutan akan berubah menjadi Cu dan mengendap pada benda dari besi
20
5
Perhiasan dari tembaga dilapisi emas menyerupai cincin dan gelang, pelapisan besi oleh krom, pemurnian aluminium dari bijih bauxit Pembuatan logam natrium

10
Jumlah
80




C.      Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan

Instrumen Penilaian Praktik

Topik :    Sel elektrolisis
KI:     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KD:  4.3. Menciptakan ide/gagasan produk sel elektrokimia.
Indikator :    Merangkai alat percobaan elektrolisis dan melaksanakan percobaan penyepuhan
Lembar Pengamatan
Topik: ...............................
Kelas: ................................
No
Nama
Persiapan Percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir Percobaan
Jumlah Skor
1.
………………………




2.

















Rubrik
No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Persiapan Percobaan(Menyiapkan alat Bahan)
30
-        Alat-alat sudah tersedia, tertata rapih sesuai dengan keperluannya
-        Bahan-bahan/larutan untuk percobaan sudah disiapkan di meja praktikum
-        Lembar acara praktikum tersedia
-        Menggunakan jas laboratorium
20
Ada 3 aspek yang terpenuhi
10
Ada 2 aspek yang  terpenuhi
2
Pelaksanaan Percobaan
30
-        Memasang tabung U pada statif dengan sempurna
-        Membersihkan elektroda  sebelum digunakan
-        Meletakan elektroda diletakkan pada kutub  yang tepat
-        Mencelupkan elektroda dengan kedalaman  yang sama
-         Mengisi larutan pada tabung U secukupnya
-        Memberikan arus sesuai aturan pada percobaan elektrolisis
20
Ada 4 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek tang tersedia
3
Kegiatan final praktikum
30
-        Membuang larutan atau sampah ketempatnya
-        Membersihkan alat dengan baik
-        Membersihkan meja praktikum
-        Mengembalikan alat ke kawasan semula
20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek tang tersedia

Instrumen Penilaian Proyek



Mata Pelajaran:    Kimia
Nama Proyek:Praktik Penyepuhan Logam                Alokasi Waktu: satu minggu
Guru Pembimbing:   Poppy K. Devi
Nama Peserta didik:            Syarief
Kelas:XII B                             
No.
ASPEK
SKOR (1 - 5)

1
PERENCANAAN :
a.       Rancangan Alat
-          Alat dan bahan
-          Gambar
b.       Uraian cara menggunakan alat


2
PELAKSANAAN :
a.       Keakuratan Sumber Data / Informasi
b.       Kuantitas Sumber Data
c.       Analisis Data
d.       Penarikan Kesimpulan


3
LAPORAN PROYEK :
a.       Sistematika Laporan
b.       Performans
c.       Presentasi


TOTAL SKOR




Lampiran 2: LKS
ELEKTROLISIS LARUTAN

I.            Pendahuluan
Elektrolisis berarti penguraian suatu zat final arus listrik. Zat-zat  yang  terbentuk  sanggup diketahui  dari perubahan-perubahan  yang terjadi  dengan perlindungan indikator. Dalam percobaan ini kalian sanggup memeriksa zat-zat hasil elektrolisis  larutan Na2SO4 dan larutan KI dengan elektroda karbon dan larutan CuSO4dengan elektroda inert dan tidak inert.  Kalian juga sanggup berlatih  mengamati,  merangkai alat, memprediksi,  mengolah data  dan menyimpulkan

II.          Alat dan Bahan
Alat :
Bahan :
-          Tabung  U      
-          Elektrode C, Fedan Cu
-          Catu daya   atau  Batu Batere 4 buah
-          Statif, klem boshead
-          Pipet tetes
-          Kabel  & penjepit buaya
3  buah
3 buah

1 buahset
3 buah                        
3 set

-          Larutan  Na2SO41 M
-          Larutan KI    1 M
-          Larutan CuSO41 M
-          Larutan Indikator Universal atau indikator alam
-          Larutan  Indikator Fenolftalein
-          Larutan Amilum 1 %

III.          Cara Kerja dan Pengamatan
Pasang alat elektrolisis menyerupai terlihat pada gambar. Selanjutnya lakukan percobaan sesuai langah-langkah kegiatannya
A.          Elektrolisis  larutan Na2SO4
Langkah-langkah Kegiatan
Pengamatan
1.       Isi  tabung U dengan larutan   Na2SO41 M  sampai ¾ volume tabung. Amati warna larutannya !
2.       Masukkan  elektroda karbón pada masing-masing lisan tabung U dan teteskan 2 tetes larutan indikator universal. Amati warna yang terjadi!

3.       Berikan sumber arus listrik pada elektrode tunggu kurang lebih selama  2 menit.
Amati gejala yang terjadi dan perubahan warna  indikator pada elektroda (-)  katoda dan  elektroda      ( + ) anoda !

Warna larutan  Na2SO4 : …………………….............................

Di Katode ( - )  : ...........................................................
Di Anode (+)   : ...........................................................


di katoda
di anoda
Gejala yang terjadi
...............
..................
Warna
Indikator
...............
..................

B.          Elektrolisis Larutan KI

Langkah-langkah Kegiatan
Pengamatan
1.       Isi  tabung U dengan larutan   KI  1 M  sampai ¾ volume tabung.
2.       Celupkan kedua elektroda karbon  ke dalam masing-masing tabung U dan hubungkan elektroda itu  dengan sumber arus listrik selama kira-kira 2 menit. Catat  perubahan yang terjadi pada tiap-tiap  elektroda !

Warna Larutan KI : ......................................................
Di Katode ( - ) : ...........................................................

Di Anode (+) : ..........................................................

3.       Pipet larutan dari katode  dan anoda ke pelat tetes, kemudian uji masing-masing dengan  fenolftalein 
4.       Ulangi langkah no. 3 uji dengan larutan amilum. Amati dan catat apa yang terjadi !
Larutan
dari katoda
dari
anoda
Fenolftalein
...............

................
Amilum
...............

...............

C.          Elektrolisis Larutan CuSO4
Langkah-langkah Kegiatan
Pengamatan
1.         Isi  tabung U dengan larutan   CuSO41 M  sampai ¾ volume tabung. Amati warna larutannya !
2.       Masukkan  elektroda tembagadan besi pada masing-masing lisan tabung U. Amati warna yang terjadi!
3.       Hubungkan elektroda Cu ke kutub negatif, dan ke kutub positif. Berikan sumber arus listrik pada elektroda,  tunggu kurang lebih selama  5 menit.Amati gejala yang terjadi  pada elektroda (-)  katodadan  elektroda (+) anoda !

Warna larutan  CuSO4 : …………………….............................

Di Katode (-)  : ................................................
Di Anode (+)   : ...................................................


di katoda
di anoda
Gejala yang terjadi
...............
..................




D.          Elektrolisis Larutan CuSO4
Langkah-langkah Kegiatan
Pengamatan
1.  Isi  tabung U dengan larutan   CuSO4     1 M  sampai ¾ volume tabung. Amati warna larutannya !

2.     Masukkan  elektroda tembagadan besi pada masing-masing lisan tabung U. Amati warna yang terjadi!


3.     Hubungkan elektroda Cu ke kutub negatif, elektroda Fe ke kutub positif. Berikan sumber arus listrik pada elektrode tunggu kurang lebih selama  5 menit.Amati gejala yang terjadi dan perubahan warna  indikator pada elektroda (-)  katoda dan  elektroda  (+) anoda!

4.     Kerjakan acara  seperti nomor 3  dengan menghubungkan elektroda Cu ke kutub positif dan elektroda Fe ke kutub negatif. Catat hasil pengamatanmu!


Warna larutan  CuSO4 : …………………….............................


Di Katode (-)  : ................................................
Di Anode (+)   : ...................................................




di katoda
di anoda
Gejala yang terjadi
...............
..................


Warna larutan  CuSO4 : …………………….............................

Di Katode (-)  : ................................................
Di Anode (+)   : ...................................................

di katoda
di anoda
Gejala yang terjadi
...............
..................


IV.        Pertanyaan
  1. Untuk elektrolisis larutan Na2SO4 :
a.        Berdasarkan  gejala yang terjadi dan perubahan warna indikator di katoda dan anoda, kesimpulan apa yang  didapat  dari elektrolisis larutan ini?
b.       Tuliskan  reaksi redoks yang terjadi pada  kedua  elektrode  tersebut!
  1. Untuk elektrolisis larutan KI :
a.        Berdasarkan  gejala yang terjadi dan perubahan warna indikator di katoda dan anoda, kesimpulan apa yang  didapat  dari   elektrolisis larutan ini?
b.       Tuliskan   reaksi  redoks yang terjadi pada kedua elektroda tersebut!
  1. Untuk elektrolisis larutan CuSO4dengan elektrode tembaga:
a.        Berdasarkan  gejala yang terjadi di katoda dan anoda, kesimpulan apa yang  didapat  dari   elektrolisis larutan ini?
b.       Tuliskan  reaksi  redoks yang terjadi pada kedua elektroda tersebut!
  1. Untuk elektrolisis larutan CuSO4dengan elektroda Cu dan Fe:
a.        Berdasarkan  gejala yang terjadi di katoda dan anoda, kesimpulan apa yang  didapat  dari   elektrolisis larutan ini?
b.       Tuliskan  reaksi  redoks yang terjadi pada kedua elektroda tersebut! 



Contoh RPP ini saya kutip dari Modul Diklat Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Sasaram Kimia SMA Tahun 2015

Belum ada Komentar untuk "Contoh Rpp Kimia Xii Kurikulum 2013 : Elektrolisis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel