Fakultas Kampus Dan Prospek Kerjanya


Ketika kita menginjak kelas 12 SMA, niscaya bakal ngerasain bingungnya milih tempat kuliah, fakultas, dan prodi yang sesuai dengan talenta dan hobi. bahkan ada yang belum tau talenta dan minatnya ada dimana. mungkin dengan mengetahui prospek kerja dari berbagai fakultas dan prodi anda bisa mendapat pencerahan akan menyerupai apa prospek dimasa depan nanti. tapi ini hanya sebagai gambaran, yang menetukan masa depan kita ialah diri kita sendiri. Inilah daftar fakultas dan prospek kerjanya  

FAKULTAS KEDOKTERAN
  1. Kedokteran, Lulusan ini bekerja di pemerintahan (Departemen Kesehatan, TNI, Kepolisian), sebagai dosen, peneliti di forum penelitian pemerintah dan swasta, maupun bekerja secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri sebagai klinis.
  2.  Keperawatan, Lulusan ini bekerja di rumah sakit pemerintah, swasta dan akomodasi pelayanan kesehatan lainnya, termasuk sebagai tenaga perawat di luar negeri (Uni Eropa, Asia Tenggara, dan Timur Tengah).
  3. Gizi Kesehatan, Lulusan ini diperlukan dalam upaya perbaikan gizi, baik di instansi pemerintah maupun swasta menyerupai rumah sakit, puskesmas, industri-industri makanan. Selain itu sanggup bekerja sebagai pengajar,konsultan gizi, maupun bekerja di lembaga-lembaga lain yang bergerak dalam bidang penanggulangan perkara pangan dan perbaikan gizi.
  4. Kedoteran Gigi. Lulusan ini bekerja di pemerintahan (Departemen Kesehatan,TNI, dan Kepolisian), sebagai dosen, peneliti di forum penelitian pemerintah dan swasta, maupun bekerja secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri sebagai klinisi gigi.
  5. Kedokteran Hewan, Lulusan ini bekerja di instansi pemerintah (Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Departemen Kelautan dan Perikanan,Depkes, Depdiknas), Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian, industri BUMN/swasta, peneliti di lembaga-lembaga penelitian, dan praktek dokter hewan.
  6. Farmasi, Lulusan jadwal studi ini berprofesi sebagai farmasis (ahli farmasi) di industriindustri farmasi, rumah sakit, atau menjadi apoteker. Peluang kerja sangat luas di dalam dan luar negeri

FAKULTAS TEKNIK
  1. Teknik Elektro, Lulusan dari jadwal studi ini sangat dibutukan oleh instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kominfo), industri, terutama di PLN, industri kelistrikan, industri komputer dan informatika, telekomunikasi, elektronika, dan industri-industri yang memakai sistem instrumentasi kendali
  2. Teknik Geodesi, Alumni jadwal studi ini sangat banyak bekerja di instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Pertambangan, BPN, Bakosurtanal), dan forum lain menyerupai Pertamina, Perhutani, Perkebunan,perusahaan pertambangan mineral, konsultan survey dan pemetaan.
  3. Teknik Geologi, Lulusan Teknik geologi banyak bekerja pada instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral), perusahaan-perusahaan pertambangan swasta, seperti: pengolahan mineral, emas, logam, kerikil bara, minyak, dan gas bumi dalam negeri maupun asing.
  4. Teknik Mesin, Peluang kerja lulusan sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Dephub), industri mesin, industri kimia, jasa konstruksi mesin, konsultan teknik, peneliti, dan tenaga pengajar di perguruan tinggi.
  5. Teknik Industri, Lulusan bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri multinasional bidang kimia, mesin, elektronika, minyak dan gas bumi, serta di sektor konsultan proses industri.
  6. Fisika Teknik, Peluang kerjanya sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Depkes, Batan, Bapeten, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri kimia, industri kertas, rumah sakit, industri kimia, industri minyak dan gas bumi, industri energi baru, informatika, pembangkit listrik, serta forum riset.
  7.  Teknik Sipil dan Lingkungan, Lulusan jadwal studi ini gampang terserap di dunia kerja, terutama di instansi pemerintah (Departemen PU, Departemen Pertanian, Bappenas, Bappeda, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), kontraktor bangunan dan infrastruktur, dan industri struktur swasta maupun asing.
  8. Perencanaan Wilayah Kota, Lulusan jadwal studi ini mempunyai peluang besar untuk bekerja sebagai perencana wilayah di instansi pemerintah (Departemen PU, Bappenas, Bappedal, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), instansi swasta, sebagai konsultan, peneliti, dan pengajar di perguruan tinggi.
  9. Arsitektur, Lapangan kerja lulusan sangat luas, antara lain industri real estate, konsultan, instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kementrian Perumahan Rakyat), peneliti di berbagai forum penelitian, dan dosen

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS 
  1. Ilmu Ekonomi Pembangunan, Lulusan jadwal studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, dan Bursa Efek), perusahaan swasta nasional dan internasional.  
  2. Akutansi, Lulusan jadwal studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, dan Bursa Efek), konsultan, serta perusahaan swasta nasional dan internasional. 
  3. Managemen, Lulusan jadwal studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, Bursa Efek), konsultan, perusahaan swasta nasional dan internasional. 

FAKULTAS GEOGRAFI 
  1. Ilmu Lingkungan, Lulusan jadwal studi ini bekerja di Bakorsurtanal, Bappeda, Bapedal, BPPT, Ditjen Bangda, BKKBN, LIPI, LAPAN, dan di departemendepartemen (Pertambangan, Transmigrasi, Kehutanan, dan Keuangan). 
  2. Kartografi dan Penginderaan Jauh, Lulusan jadwal studi ini sanggup bekerja di Bappeda, Dinas PU, Kehutanan,Kantor Pertanahan, sektor swasta, dan lembaga-lembaga penelitian. 
  3. Pembangunan Wilayah, Lulusan jadwal studi ini mempunyai peluang besar untuk bekerja di Bappeda, Departemen Kimpraswil, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Departemen Kehutanan, Departemen Dalam Negeri, Direktorat Pembangunan Masyarakat Desa, BPN, BPPT, Bakorsurtanal, LIPI, atau pada dinas-dinas sektoral/teknis di tingkat daerah. Karir di sektor swasta juga terbuka lebar, contohnya perusahaan pemetaan, konsultan pembangunan, dan pengelola tempat industri. 

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK 
  1. Ilmu Filsafat, dengan banyaknya jadwal berpikir, membaca, berdiskusi dan dan latihan menulis selama kuliah, keluasan wawasan mahasiswa terbangun. Lulusan jadwal studi ini bekerja dalam segala bidang kiprah yang bermuatan intelektual, menyerupai peneliti, jurnalis, penggagas LSM, dan berbagai karir yang menuntut kreatifitas berpikir.
  2. Hubungan Internasional, Lulusan jadwal studi ini bekerja menjadi diplomat, jurnalis, analis politik internasional, staf perusahaan swasta, departemen pemerintah, perbankan, dosen, dan peneliti.
  3. Administrasi Negara, Lulusan jadwal studi ini bekerja di lembaga-lembaga pemerintah maupun non-pemerintah. Diantara lembaga-lembaga pemerintah antara lain ialah Bappenas, Departemen dalam Negeri, Sekretariat Negara, Kementrian Pandayagunaan Aparatur Negara, Kementrian PercepatanDaerah Tertinggal dan Kementrian Koordinator Bidang Ekonomi, termasuk Pemerintah Daerah. Sedangkan lembaga-lembaga nonpemerintah antara lain ialah LSM pemberdayaan masyarakat dan lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi politik. 
  4. Komunikasi, Lulusan jadwal studi ini sanggup berprofesi sebagai pakar atau pelaku sektor media massa (cetak dan elektronik), humas di berbagai forum pemerintah dan swasta, account executive, media planner, periklanan, dan peneliti. 
  5. Pemerintahan, Lulusan jadwal studi ini bekerja sebagai peneliti, dosen atau bekerja pada lembaga-lembaga pemerintahan (Bappenas, Departemen Sosial dan Departemen Dalam Negeri), media massa, dan praktisi di berbagai forum publik dan swasta menyerupai menjadi politisi di DPR maupun LSM. 
  6. Sosiastri, Lulusan jadwal studi ini bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah maupun non pemerintah, selain menyerupai Departemen Pendidikan, Departemen Tenaga Kerja, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal, Departemen Sosial dan Pemerintah Daerah, lulusan juga sanggup bekerja di forum internasional menyerupai UNDP, serta pada berbagai LSM yang bergerak pada bidang sosial ekonomi, lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi, dan dosen. 
  7.  Sosiologi, Lulusan jadwal studi ini bekerja di lembaga-lembaga pemerintah, menyerupai Bappenas, Departemen Dalam Negeri, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal, Departemen Sosial dan Pemerintah daerah. Selain itu, lulusan juga sanggup bekerja pada forum internasional menyerupai UNDP, serta pada berbagai LSM pemberdayaan masyarakat, lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi, dosen, dan penulis pada media massa. 
  8. Psikologi, Lulusan jadwal studi ini diperlukan oleh berbagai instansi atau perusahaan yang membutuhkan staf dengan teknik analisis yang kuat berkaitan dengan perubahan lingkungan yang semakin dinamis, sehingga sanggup melaksanakan proses pengambilan keputusan dengan tepat.

FAKULTAS ILMU BUDAYA 
  1. Antropologi, Peluang karir lulusan jadwal ini terbuka lebar di forum penelitian, forum pendidikan, forum pemerintahan, media massa cetak maupun elektronik, serta lembaga-lembaga nasional maupun internasional yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat. 
  2. Arkeologi, Lulusan jadwal studi ini berkarir di bidang-bidang yang terkait dengan arkeologi,kebudayaan, dan pariwisata, maupun lembaga-lembaga publik, menyerupai media massa, LSM, konsultan lingkungan budaya, dan instansi swasta. 
  3. Sejarah, Lulusan jadwal studi ini sanggup bekerja di berbagai penelitian dan penulisan di perguruan tinggi, pusat-pusat penelitian pada forum pemerintah dan swasta, serta media massa. 
  4. Sastra Indonesia, Lulusan jadwal studi ini berprofesi menjadi hebat bahasa dan sastra Indonesia, penulis, editor, peneliti, pengajar, staf di instansi pemerintah/swasta dan pekerja dalam bidang media massa. 
  5. Sastra Nusantara, Lulusan jadwal studi ini terbuka pada bidang-bidang pendidikan, media massa, penelitian di balai/pusat bahasa, atau bekerja di Balai KajianJarahnitra, Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala, Arsip Nasional, perpustakaan, museum, dan penerbit. 
  6. Sastra Inggris, Lulusan jadwal studi ini sanggup berkarier antara lain di dunia pendidikan, penelitian, pariwisata, media massa, perusahaan-perusahaan asing, kedutaan besar, kantor perwakilan Indonesia di luar negeri, lembagalembaga pemerintah maupun non pemerintah, dan perbankan. 
  7. Sastra Arab, Lulusan jadwal studi ini mempunyai peluang kerja di departemen pemerintahan (Dalam Negeri, Luar Negeri, Agama, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pendidikan Nasional, Hankam), politisi, pariwisata, LIPI, penerbit buku, berbagai media massa, serta LSM. 
  8. Sastra Perancis, Lulusan jadwal studi ini bekerja di sektor-sektor yang memanfaatkan tenaga keperancisan, menyerupai pendidikan atau lembaga-lembaga bahasa, Departemen Luar Negeri, pariwisata, media massa, kedutaan-kedutaan besar di Indonesia dan KBRI di luar negeri, dan perusahaan swasta. 
  9. Sastra Jepang, Lulusan jadwal studi ini bekerja pada perusahaan, baik nasional maupun multinasional, terutama menjadi staf pada dunia pendidikan, perbankan, pariwisata, dan Departemen Luar Negeri RI.\

FAKULTAS HUKUM 


  1. Ilmu politik, Lulusan dari jurusan ini mempunyai peluang kerja yang sangat fleksibel. Bisa tetap di bidang politik sebagai politikus, anggota partai politik, atau anggota DPR. Namun banyak juga lulusan yang lalu berkecimpung di bidang akademis, sebagai peneliti, dosen, atau analis politik. Lebih jauh dari kedua bidang tersebut, ada juga lulusan yang bekerja di bidang ekonomi, perbankan, dan bisnis.
  2. Filsafat, Rasa ingin tahu yang tinggi, kemampuan berpikir logis, serta pemahaman yang mendalam terhadap banyak pengetahuan yang di sanggup selama berkuliah di prodi Filsafat menciptakan prospek lulusannya tidak terbatas pada lingkup sektor tertentu. Lulusan filsafat bisa berkarir sebagai pejabat pemerintahan, konselor, psikoterapis, sampai jurnalis. Kompetensi yang dimiliki lulusan Filsafat bisa diterapkan di mana saja.
  3. Politik Islam, Lulusan Pemikiran Politik Islam sanggup berkarir di dunia perpolitikan Indonesia dan masuk di berbagai departemen pemerintahan atau partai. Selain itu kau juga bisa menjadi analisis politik.
  4. Business Law, Lulusan prodi Business Law dibuat untuk menjadi profesional di bidang aturan yang sanggup berkiprah di bidang investasi, pertanahan, real estate, perbankan, ekspor-impor, dan sektor bisnis lainnya. Profesi yang sanggup dijalankan oleh seorang lulusan prodi Business Law antara lain menyerupai advokat, notaris, konsultan hak kekayaan intelektual, mediator, dan in house legal.
  5. Kriminologi, Jika dibandingkan dengan jumlah kejahatan yang terus meningkat, profesi Kriminolog masih sedikit. Saat ini Indonesia, bahkan dunia, masih membutuhkan lebih banyak orang yang mau berkecimpung di profesi yang kurang terkenal ini. Sebagai lulusan Kriminologi, prospek karir mu akan terbuka di berbagai forum penegak keadilan, menyerupai kepolisian, kejaksaan, dan kehakiman. Kalau kau juga peduli akan tindak kriminal korupsi yang merajalela, sebagai lulusan Kriminologi, kesempatan kau berkarir di KPK pun terbuka lebar. Kamu juga sanggup mmenjadi jurnalis indepth yang menyajikan ulasan informasi yang mendalam di media massa terkait tindak-tindak kriminal.
  6. Peradilan Agama, Lulusan prodi Peradilan Agama sanggup berkerja di berbagai departemen di pemerintahan menyerupai Departemen Agama dan Pengadilan Agama. Kamu sanggup berkerja sebagai pengacara, hakim, jaksa, maupun konsultan aturan yang kompeten dalam aturan Islam/Syariah.
  7. intelijen, Perkembangan dunia intelijen yang dinamis menuntut ahli-ahli intelijen gres yang memahami isu-isu terkini dan mempunyai kompetensi terkini. Selain bekerja di pemerintahan menyerupai Polisi Republik Indonesia (Intelkam), Tentara Nasional Indonesia (BAIS), Badan Intelijen Negara, Kejaksaan Agung, KPK, Bea Cukai, Imigrasi, Kehakiman, lulusan Ilmu Intelijen juga sanggup berkarir dibidang swasta, apalagi dengan maraknya spionase ekonomi dan pembajakan informasi/rahasia perusahaan yang sering terjadi ketika ini.


FAKULTAS PERTANIAN 
  1. Agronomi, Lulusan jadwal studi ini selain bekerja di Departemen Pertanian,Departemen Pendidikan Nasional, Lembaga Penelitian, BUMN, perusahaan swasta, dan sebagai wirausaha bidang produksi tanaman. 
  2. Pemuliaan Tanaman, Lulusan jadwal studi ini selain bekerja di Departemen Pertanian,Departemen Pendidikan Nasional, Lembaga Penelitian, BUMN, perusahaan swasta, dan sebagai wirausaha produksi benih. 
  3. Agribisnis, Lulusan jadwal studi ini sanggup bekerja di Bank Indonesia, Departemen Keuangan (Bea Cukai, Pajak dan Anggaran), Bappenas, Perbankan (Bank pemerintah dan swasta), BUMN, Bulog, Departemen Perdagangan,Departemen Kehutanan, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Koperasi dan UKM, Badan Pusat Statistik (BPS), Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Lembaga Penelitian, Bappeda, Konsultan, dan wirausaha di bidang agribisnis. 
  4. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Lulusan jadwal studi ini sanggup pada bidang yang berhubungan dengan komunikasi dan penyebaran informasi pertanian, misalnya: Departemen Pertanian, Depsos, Depnakertrans, Departemen Kehutanan, Depdiknas, media massa, Bulog, Perbankan baik BUMN maupun swasta, serta konsultan. 
  5. Mikrobiologi Pertanian, Lulusan jadwal studi ini sanggup bekerja di industri swasta/BUMN di bidang perkebunan, perikanan, pertambangan, pakan, pangan, obat tradisional, dan materi kimia, maupun lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, Kementrian Lingkungan Hidup, BPPOM, Bappeda, dan Bapedalda), serta lembaga-lembaga penelitian. 
  6.  Ilmu Tanah, Lulusan jadwal studi ini sanggup bekerja di forum pemerintah (Departemen Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan, Lingkungan Hidup, Bappeda, Bakosurtanal, Balai Penelitian dan Pemda), Perusahaan BUMN dan swasta pertanian, perkebunan dan kehutanan. 
  7. Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman, Lulusan jadwal studi ini sanggup bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, LIPI, Bappeda, Badan Karantina Nasional), perusahaan-perusahaan BUMN dan perusahaan swasta nasional maupun internasional. 
  8. Budidaya Perikanan, Lulusan jadwal studi ini sanggup bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas, Badan Karantina Nasional), Pemerintah Daerah, Perbankan, perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan. 
  9. Managemen Sumberdaya Perikanan, Lulusan jadwal studi ini sanggup bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Kehutanan, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas/Bappeda), perbankan, NGO, dalam dan luar negeri, perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan dan kelautan. 
  10. Teknologi Hasil Perikanan,Lulusan jadwal studi ini sanggup bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas, Pemerintah Daerah), perbankan, wirausahawan, dan perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan.
  11. Peternakan, Lulusan jadwal studi ini sanggup bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, Bappeda, Deperindag, Depkop dan PPKM), dan di perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang peternakan

FAKULTAS KEHUTANAN 
  1. Managemen Hutan, Lulusan jadwal studi ini selain bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, dan Depdiknas), juga sanggup bekerja pada instansi/perusahaan baik BUMN maupun swasta, distributor konsultan, perguruan tinggi, forum penelitian, dan wirausaha perkayuan. 
  2. Budidaya Hutan, Lulusan jadwal studi ini selain bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, dan Depdiknas), juga sanggup bekerja pada instansi/perusahaan baik BUMN maupun swasta, distributor konsultan, perguruan tinggi, forum penelitian, dan wirausaha perkayuan. 
  3. Teknologi Hasil Hutan, Lulusan jadwal studi ini selain sanggup berkarir di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Keuangan, Departemen Pendidikan Nasional, Pemda, Depkop, dan PPKM), juga sanggup menyebarkan karir di industri kehutanan dan perkayuan. 
  4. Konservasi Sumber Daya Hutan, Lulusan jadwal ini bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan KementrianLingkungan Hidup), forum penelitian, perusahaan multinasional dan nasional, LSM (WWF Indonesia, Conservation International, Wildlife Conservation Society) 

Belum ada Komentar untuk "Fakultas Kampus Dan Prospek Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel