Hal-Hal Yang Harus Di Pertimbangkan Sebelum Menentukan Ptn, Pts, Dan Ptk

Musim penerimaan mahasiswa gres sudah dimulai. Para lulusan Sekolah Menengan Atas berbondng bondong mencari kampus/perguruan tinggi sesuai cita-cita mereka. Namun diantara mereka tentu banyak yang sering bertanya tanya “yang mana sih lebih manis antara kuliah di kampus umum dengan kuliah di perguruan tinggi kedinasan?” Nah bagi yang belum tahu masing masing kelebihan dan kekurangan, berikut yaitu perbandingan singkat yang bisa dijadikan pertimbangan. Yang dimaksud Pergurun Tinggi Umum disini yaitu Perguruan Tinggi Negeri maupun PTS. Sedangkan PTK (Perguruan Tinggi Kedinanasan) yaitu perguruan Tinggi khusus yang didirikan pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai di Instansi pemerintah.

PERBANDINGAN

1. Jalur penerimaan
Untuk Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta Pada umumnya jalur penerimaan mahasiswa gres bagi universitas umum yaitu melalui jalur SPMB atau UMPTN yang diadakan secara serentak secara nasional. namun sebagian kampus juga memakai jalur penerimaan dengan sistem ujian sanggup berdiri diatas kaki sendiri atau UM. Bahkan sebagian kampus lebih memprioritaskan penerimaan mahasiswa gres melalui sistem UM. sedangkan untuk PTK Sistem penerimaan mahasiswa gres biasanya dilakukan secara sendiri sendiri atau USM menurut kalender akademik kampus masing masing. Kadang ada yang masa penerimaan mahasiswa gres lebih cepat dari PT umum tetapi ada juga yang lebih lambat. Bahkan tes penerimaan diadakan sehabis kampus lain sudah memasuki masa perkuliahan. Tingkat kelulusan di PTK relatif kecil, lantaran yaitu yaitu jumlah pendaftar tergolong cukup banyak. bahkan salah satu PTK seakan-akan STAN hanya menerima sekitar 2-3 persen dari jumlah pendaftar.
2. Biaya Perkuliahan
Untuk masuk kuliah di universtas umum, biayanya relatif, tergantung masing masing kampus. Kadang ada yang murah tetapi ada juga yang biayanya sangat mahal. Bahkan tidak terjangkau bagi sebagian orang/ calon mahasiswa. Tentunya biaya yang paling fundamental yaitu biaya uang masuk, SPP yang dibayar setiap semester, plus biaya lain lain berupa uang pembangunan dan biaya ekstra lainnya selama masa perkuliahan. Sedangkandi PTK, Hampir bahkan semua PTK tidak membebankan biaya kepada mahasiswa, malah mahasiswa lah yang menerima uang saku selama pendidikan. namun biaya lain masih menjadi tanggungan mahasiswa, utamanya biaya hidup seakan-akan makan, biaya kos/kontrakan dan lain lain. Namun sebagian besar PTK sudah menyediakan asrama bagi mahasiswanya.
3. Sistem Pendidikan
Sistem pendidikan yang dipakai umumnya sistem pendidikan yang berorietasi pada pengembangan bidang ilmu tertentu. Artinya murni pada pengembangan mata kuliah yang dipilih. Sehingga pendidikan bersifat teoritis. sedangkan Mengutamakan Sistem pendidikan yang mengarah pada pembekalan kemampuan teknis, artinya mahasiswa diberikan pendidikan yang lebih fokus pada penerapan ilmu di dunia kerja (instansi pemerintahan). Jadi kalau bagi calon mahasiswa yang ingin membuatkan bidang ilmu hingga ke jenjang yang lebih tinggi, mungkin akan lebih baik bila menentukan universitas umum. Sebab kalau di kuliah di PTK. ada ketentuan yang mewajibkan lulusan bekerja/mengabdi selama beberapa tahun yang disebut masa ikatan dinas jadi selama waktu tersebut alumni tersebut tidak diberiizin melanjutkan kuliah.Selain itu, untuk melanjutkan kuliah harus memperoleh izin dari atasan maupun dari tingkat departemen/kementerian yang bersangkutan.

4. Lulusan
PTN, Dapat dikatakan bahwa lulusan dari universitas umum tidak ada jaminan untuk menerima pekerjaan. Kecuali bila sebelumnya sudah ada kontrak dengan pihak lain. Namun lulusan PT umum mempunyai kesempatan yang besar untuk lansung melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 – S3 ). Karena tidak ada ketentuan yang mewajibkan bekerja terlebih dahulu. Sedangkan untuk lulusan PTK sudah diberi jaminan pekerjaan yang pasti. lantaran yaitu yaitu memang intinya tujuan dari pendidikan PTK yaitu untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada instansi pemerintah yang bersangkutan.
Itulah sekilas perbandingan antara Perguruan Tinggi umum dengan Perguruna tinggi Kedinasan. Semoga bisa menjadi materi pertimbangan bagi teman2/adik2 maupun para orang renta dalam menentukan perguruan tinggi yang tepat. Semoga bermanfaat. 

sumber: https://www.kompasiana.com/sutha

Belum ada Komentar untuk "Hal-Hal Yang Harus Di Pertimbangkan Sebelum Menentukan Ptn, Pts, Dan Ptk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel