Jadwal Utbk Tahun Depan Diwacanakan Maju November

Jakarta: Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mewacanakan memajukan aktivitas pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun depan. Hal ini untuk mengantisipasi banyaknya "pencari bakat" dari perguruan tinggi tinggi di luar negeri yang berburu calon mahasiswa gres berprestasi dari Indonesia.

"Inilah yang saya lakukan, seni manajemen ini semoga tidak terjadi berbondong-bondong mendaftar ke luar negeri. Kalau biasanya dimulai Januari perlu maju, alasannya yaitu penerimaan mahasiswa gres di luar negeri Desember, kita mampu bulan November," kata Nasir di Jakarta, Selasa 16 April 2019.

Mantan Rektor Terpilih Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini menyebutkan UTBK di tahun 2019 sudah mulai memakai standar internasional untuk penerimaan mahasiswa baru. Agar setiap siswa nantinya juga mampu mendaftarkan diri mereka ke luar negeri.

"Nanti mungkin akan terjadi hal ini. Kita lihat nanti perkembangan yang terjadi. Supaya pelajar Indonesia tidak berbondong-bondong ke luar negeri," ujar Nasir.

Baca:Kampus Swasta Mulai Lirik UTBK

Sementara itu, sistem penerimaan mahasiswa gres dengan memakai UTBK mulai dilirik sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Model UTBK akan menjadi standar gres dalam sistem penerimaan mahasiswa gres di Indonesia.

Menteri Nasir memperlihatkan bahwa ia mengapresiasi panitia pelaksanaan UTBK dan SBMPTN dalam hal ini Lembaga Masuk Perguruan Tinggi (LMPT) yang telah melalukan perubahan fundamental dalam sistem penerimaan mahasiswa gres di Indonesia melalalui UTBK. Menurut Nasir, UTBK merupakan model tes penerimaan mahasiswa gres yang terbuka, transparan, dan akuntabel.

"Mudah-mudahan dengan perubahan fundamental ini penerimaan mahasiswa gres jadi lebih baik," kata Nasir, di sela-sela monitoring pelaksanaan UTBK, di Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019. 

sumber: medcom .id

Belum ada Komentar untuk "Jadwal Utbk Tahun Depan Diwacanakan Maju November"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel