Review Lengkap Wacana Ipdn

Sekilas perihal IPDN
Sejarah perkembangan IPDN sebelum dikenal sampai ketika ini cukup panjang. IPDN merupakan penggabungan dari Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) dengan STPDN pada tahun 2009. Terdapat dua fakultas yang bisa Anda pilih selama menempuh studi di IPDN, yakni Fakultas Politik Pemerintahan dan Fakultas Manajemen Pemerintahan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan di beberapa kampus yang tersebar di seluruh Indonesia. Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk meneruskan studi di IPDN, jadinya dibangun beberapa kampus IPDN lainnya. Beberapa lokasi kampus IPDN yang bisa Anda pilih diantaranya:
  • IPDN Kampus Jakarta
  • IPDN Kampus Sumatera Barat
  • IPDN Kampus Sulawesi Selatan
  • IPDN Kampus Sulawesi Utara
  • IPDN Kampus Nusa Tenggara Barat
  • IPDN Kampus Papua
  • IPDN Kampus Kalimantan Barat
  • IPDN Kampus Riau

Fasilitas
  • Ruang kuliah berjumlah 64 ruangan (8 ruangan besar dan 56 ruangan kecil) total seluas 8820 meter persegi
  • Ruang perpustakaan dengan koleksi hampir 2000 judul buku dan hampir 49.000 eksemplar buku
  • Laboratorium terpadu yang mencakup laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium pemerintahan
  • Ruang seminar atau ruang workshop seluas 1142 meter persegi, ruang olahraga, ruang komputer, aula, asrama mahasiswa, ruang kantor, gedung makan, wisma praja (asrama), kamar sakit asrama, ruang workshop, lapangan dan gedung olahraga, tempat ibadah, gedung serba guna, ruang latihan pertanian dan perikanan, koperasi, bank, serta ruangan pendukung lainnya.
  • Fasilitas umum di IPDN berupa tempat beribadah terdiri dari masjid, gereja Katolik, gereja Protestan, serta Pura
  • Lapangan olahraga yang mencakup lapangan tenis, lapangan sepak bola, lapangan basket, lapangan squash, lapangan voli, lapangan bulu tangkis, sentra fitness
  • Kegiatan mahasiswa: drumb grup musik Gita Abdi Praja, Gerakan Pramuka, Majalah Abdi Praja, Teater Persada, SAR, Wapa Manggala, klub olahraga, informatika dan komputer, sanggar seni Praja, dan sebagainya.


Fakultas dan Program Studi IPDN

Sebelum Anda menetapkan untuk meneruskan studi di Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Anda perlu mengetahui fakultas dan program studi yang ditawarkan terlebih dahulu. Fakultas yang terdapat di IPDN beserta jurusannya antara lain:
  • Fakultas Politik Pemerintahan: program studi kebijakan pemerintahan, program studi pemberdayaan masyarakat, program studi politik pemerintahan
  • Fakultas Manajemen Pemerintahan: program studi manajemen sumber daya aparatur, program studi manajemen pembangunan daerah, program studi manajemen keuangan daerah, program studi manajemen pemerintahan, dan program studi kebijakan pemerintahan
Setelah lulus dan menyelesaikan studi di IPDN, Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan (S.STP) berpangkat Penata Muda Golongan III/a. Anda juga akan pribadi mendapatkan pekerjaan di instansi yang sudah menjalin kerjasama. Hal ini dikarenakan IPDN merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan dengan ikatan dinas di Indonesia.
IPDN juga menyebarkan program studi untuk jenjang pascasarjana dengan membuka program studi Magister Administrasi Pemerintahan (S2) yang resmi dubuka pada tahun 2000. Pengembangan program studi sampai jenjang magister tersebut dilakukan alasannya yakni IPDN mempunyai otoritas dalam menyelenggarakan program pendidikan profesional serta akademik. Selain itu, IPDN juga mempunyai otoritas untuk menyebarkan disiplin pemerintahan sebagai ilmu dan keahlian didukung sarana prasarana yang ada.

Cara Masuk IPDN
Institut Pemerintah Dalam Negeri merupakan sekolah tinggi kedinasan dibawah kementerian Kemendagri apabila anda lulus seleksi akan diangkat sebagai CPNS dibawah kementerian dalam negeri. Hal ini mungkin bukan menjadi rahasia umum lagi registrasi IPDN memang dibuka secara terbuka melalui situ resmi ipdn.ac.id dan ipdn.kemendagri.go.id, untuk registrasi IPDN akan dilaksanakan setiap tahun sekitar simpulan tahun lebih sempurna serentak dengan penerimaan CPNS umum. Hanya saja untuk IPDN dibuka bagi lulus SMA/SMK Sederajat pada kesempatan yang berbahagia ini admin akan menguraikan beberapa tata cara registrasi IPDN melalui situs resmi. Seperti biasa ada beberapa cara mudah untuk mendaftar sebagai Praja IPDN, sebelum melanjutkan kita akan bahas fenomena yang terjadi di dalam IPDN, ada banyak duduk masalah perloncoan yang terjadi dalam Institut ini, beberapa tahun kemudian kita dikejutkan dengan kabar mengenai tewasnya mahasiswa Praja IPDN alasannya yakni agresi kekerasan yang dilakukan oleh senior lebih dikenal dengan istilah senioritas. Mungkin ini terjadi alasannya yakni IPDN merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan yang mengadopsi semi meliter jadi tidak heran ada banyak kekerasan yang terjadi di lingkungan IPDN, meski hal ini sering terjadi tidak menyerutkan pendaftar dan peminat sekolah tinggi kedinasan satu ini, alasan demi alasan menyerupai kalau lulus nanti pribadi bekerja dan menjadi seorang CPNS dibawah kementerian dalam negeri

Tips Lolos IPDN
1. Lulus persayaratan umum/administratif;
lengkapi secepatnya semua persyaratan yang diminta. Makin awal melengkapi makin baik. Hal ini untuk menghindari ramainya peminat lain yang mengurus hal yang sama di kantor yang sama. Selain itu hal ini untuk mengantisipasi kalau ada berkas yang salah kita masih mempunyai waktu untuk memperbaikinya.
2.  Lulus tes psikologi ;
tes psikologi ini biasanya dilaksanakan di ibukota provinsi. Saran penulis jauh-jauh hari sebelum hari h calon praja membiasakan untuk membahas soal-soal psikotes yang banyak dijual di toko buku. Guna nya bukan supaya iq kita pribadi naik drastis tapi semoga kita familiar dengan soal-soal psikotes tersebut sehingga kita mempunyai tingkat kepercayaan diri ketika mengerjakannya. bagi capra yang rumahnya jauh dari ibukota provinsi hal penting yang perlu dipersiapkan yakni keberadaan kita di lokasi tes sebaiknya beberapa hari sebelum tes dilaksanakan semoga kondisi tubuh tetap fit ketika tes berlangsung. ketika tes berlangsung pastikan anda mematuhi waktu mengerjakannya. Patuhi juga aturannya. Jangan mencontek.
3.  Lulus tes kesehatan;
tes kesehatan biasannya dilakukan di rumah sakit umum daerah. Bagian-bagian yang di cek yakni mata ( maksimal plus minus 1,0), gigi ( dihentikan menggunakan kawat, kalau ada gigi yang berlubang ditambal ataupun kalau sudah terlalu parah sebaiknya dicabut, untuk klarifikasi lebih lanjut mengenai permasalahan gigi bisa sobat baca di postingan saya yang membahas permasalahan gigi yang buat kau ngak lulus ipdn dan akpol). Tinggi tubuh untuk laki-laki min. 160 cm, untuk perempuan 155 cm. Selanjutnya investigasi darah, kelamin, tht, jantung, paru-paru, dan organ-organ dalam lainnya.
4. Lulus tes kesamaptaan;
tes kesamaptaan yakni tes ketahanan dan kekuatan fisik. Tes  kesamaptaan terdiri dari dua jenis, yakni kesamaptaan a dan  kesamaptaan b. Tes kesamaptaan a yakni lari keliling lapangan bola  selama 12 menit. Untuk capra putra usahakan minimal terlewati 6  putaran dan untuk putri usahakan minimal 5 putaran. Tes kesamaptaan  b terdiri dari push up (usahakan minimal 30 kali), sit up (usahakan  minimal 30), pull up (minimal 4 kali), dan shuttle run/ lari membentuk  angka delapan sebanyak tiga putaran (minimal 19 detik). Sebelum tes  samapta berlangsung hendaknya jauh-jauh hari latihan fisik yang  teratur kalau perlu didampingi pelatih (malahan ada yang  membuka berguru khusus lho). Tapi kalau kondisi keuangan tidak  memungkinkan tidak perlu dipaksakan untuk menggunakan instruktur.  Cukup mengerti teknik yang benar saja, selanjutnya berlatihlah  secara mandiri. ketika hari h sudah semakin dekat hentikan latihan-latihan berat,  cukup latihan ringan menyerupai lari-lari kecil saja dan perbanyak  konsumsi multivitamin,buah-buahan dan sayur-sayuran.
 5. Lulus tes akademis
tes akademik merupakan tes terakhir yang dilaksanakan di daerah.  Tes akademik dilaksanakan di ibukota provinsi. Materi yang diujikan  yaitu matematika dasar, bahasa indonesia, bahasa inggris, dan  kewarganegaraan. Tes berbentuk pilihan ganda. Tidak ada sistim  minus. Kaprikornus usahakan lembar jawaban terisi semua. Setelah anda lulus  dalam tes ini maka kesempatan anda diterima sebagai praja ipdn sudah  semakin besar.
6. Lulus tes penentuan simpulan (pantukhir);
pantukhir yakni tes terakhir yang dilakukan di kampus ipdn pusat  di jatinangor, jawa barat. Tes yang diberikan yakni kesamaptaan,  kesehatan, dan tes wawancara. Untuk kesamaptaan dan kesehatan  tolak ukur nya sama dengan yang dilaksanakan di daerah. Khusus  untuk tes wawancara ada beberapa tips yang sekiranya perlu  diperhatikan antara lain bersikap tegas dan tegap ketika ditanya.  Ketika di suruh menjawab pertannyaan jawablah pribadi pada i  ntinya (praja biasa menyebutnya dengan istilah jangan banyak  penjabaran). Tidak ada standar pertannyaan apa saja yang  ditanyakan. Tapi menurut pengalaman yang ditanyakan seperti  nama-nama menteri, pancasila, menyanyikan lagu wajib,  memperkenalkan diri dalam bahasa inggris, atau apa saja yang  terlintas dipikiran penanya. Kalau saya dulu yang ditanyakan yaitu  berat dan tinggi tubuh serta nim. Tapi jangan salah banyak juga calon  praja yang gugupnya luar biasa sehingga ditanya nama orang renta saja  lupa. Maklum saja yang tim penanya terdiri dari sekjen, dirjen, irjen,  dan orang-orang yang berada di tataran top level kementerian  dalam  negeri. Saran saya sebelum wawancara berdiri dulu mental  dan  kepercayaan diri menyerupai berlatih berbicara di depan cermin dan  sebagainya.

setelah semua tes dilaksanakan dengan sungguh-sungguh tunggulah  hasil tes nya dengan sabar. Berdoalah kepada yang maha kuasa agar  diberikan hasil terbaik. Intinya berdo'a dan perjuangan lebih untuk  mendapatkan yang lebih. Bagi yang lulus selamat menjadi praja ipdn  akan tetapi bagi yang belum lulus semoga bersabar alasannya yakni tahun  depan gerbang kesatrian ipdn masih terbuka lebar. Semoga yang telah  membaca blog ini dan berminat tes di ipdn lulus. Amiin. Jangan percaya  bila ada yang menjanjikan cara cepat untuk lulus yakni melalui “  lewat jendela”  jika anda atau orang renta anda bisa mengurusnya.  Terserah aja. Namun cara itu hanya untuk orang-orang yang tidak  takut dengan aturan (kpk) dan terutama ilahi serta mau merebut hak  satu calon praja lain yang seharusnya lulus.

Tahapan seleksi/materi ujian dan waktu pelaksanaan ujian
Seleksi dilakukan melalui tahapan sebagai berikut :
1. Seleksi administrasi 
oleh tubuh kepegawaian tempat kabupaten/kota (ditentukan sehabis ada pengumuman resmi dari kementrian dalam negeri);
2. Tes psikologi 
oleh forum psikologi yang ditunjuk oleh menteri dalam negeri dilaksanakan di ibu kota provinsi (ditentukan sehabis ada pengumuman resmi dari kementrian dalam negeri);
3. Tes kesehatan dan kesamaptaan 
dilaksanakan di ibu kota provinsi (ditentukan sehabis ada pengumuman resmi dari kementrian dalam negeri);
4. Tes akademis 
oleh kementerian dalam negeri dilaksanakan di ibu kota provinsi (ditentukan sehabis ada pengumuman resmi dari kementrian dalam negeri) dengan bahan seleksi ipdn tahun 2013 sebagai berikut : 
  • pancasila
  • UUD 1945
  • pengetahuan umum 
  • bahasa indonesia
  • bahasa inggris dan 
  • matematika.
5. Penentuan akhir 
dilaksanakan oleh panitia penentuan simpulan yang ditetapkan oleh menteri dalam negeri di kampus ipdn jatinangor, sumedang jawa barat (ditentukan sehabis ada pengumuman resmi dari kementrian dalam negeri).
6. Penyampaian keputusan 
Penyampaian keputusan menteri dalam negeri perihal kelulusan dan diterima menjadi calon praja ipdn di kampus ipdn jatinangor, sumedang jawa barat (ditentukan sehabis ada pengumuman resmi dari kementrian dalam negeri).
7. Lain-lain
  • Persyaratan umum/administratif selain angka romawi ii di atas, dipenuhi sehabis peserta dinyatakan lulus tes akademis;
  • Kelengkapan persyaratan administratif yang harus diserahkan oleh peserta pada ketika mendaftarkan diri kepada panitia kabupaten/kota dibentuk dalam rangkap 3 (tiga), disusun rapi dan dimasukkan kedalam stofmap berwarna biru;
  • Bagi peserta seleksi calon praja ipdn yang pada tahun 2013 masih berada di kelas xii sma/ma, dan dikemudian hari ternyata yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus sma/ma dan/atau nilai rata-rata sttb sma/ma tidak memenuhi syarat (ditentukan sehabis ada pengumuman resmi dari kementrian dalam negeri) maka dinyatakan gugur walaupun yang bersangkutan telah dinyatakan lulus seleksi sebagai calon praja ipdn.
  • Tes kehamilan dan tes narkoba akan dilakukan pada ketika penentuan simpulan di kampus ipdn jatinangor, sumedang jawa barat;
  • Biaya seleksi untuk setiap tahapan tes dibebankan kepada peserta seleksi biasanya sekitar 200-300rb pertahapan seleksi.
  • Seleksi penerimaan calon praja ipdn menggunakan sistem gugur yakni para peserta bisa mengikuti tahap seleksi berikutnya apabila dinyatakan lulus/memenuhi syarat pada tahap sebelumnya.
  • Pelamar yang dinyatakan tidak lulus tes, maka seluruh kelengkapan manajemen registrasi yang diserahkan tidak dikembalikan.
8. Terakhir
Info selengkapnya dan terkini bisa dilakukan pada tubuh kepegawaian tempat setempat ya bro. Sebelum kalian lanjut dan memantapkan hati untuk masuk ipdn maka ada baiknya sobat sekalian membaca postingan saya mengenai laba dan kerugian masuk ipdn. Akhir kata saya ucapkan semangat buat tes ipdn nya, semoga saja bisa lulus dan jadi praja ipdn yang berprestasi. Amin


sumber:
https://www.quipper.com
https://mamikos.com

Belum ada Komentar untuk "Review Lengkap Wacana Ipdn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel