Update Daftar Pemeringkatan Universitas Di Indonesia Versi 4Icu 2019

Hello gengs, aneka macam forum survei mengeluarkan daftar universitas terbaik tiap tahunnya. Lembaga pemeringkatan 4 International Colleges and Universities (4ICU) merilis daftar peringkat universitas negeri di Indonesia. Perguruan tinggi negeri mana saja ya yang masuk ke dalam peringkat kampus terbaik versi 4ICU? Seperti dikutip dari situs 4icu.org/id, Berikut adalah 20 besar universitas negeri di Indonesia menurut pemeringkatan 4ICU tahun 2019. Untuk daftar kengkapnya silahkan kunjungi webaite 4ICU
1. Universitas Gadjah Mada
2. Universitas Brawijaya
3. Universitas Indonesia
4. Universitas Negeri Yogyakarta
5. Universitas Diponegoro
6. Universitas Sebelas Maret
7. Institut Pertanian Bogor
8. Universitas Airlangga
9. Universitas Lampung
10. Universitas Muhammadiyah Surakarta
11. Universitas Pendidikan Indonesia
12. Institut Teknologi Bandung
13. Universitas Telkom
14. Universitas Negeri Malang
15. Universitas Hasanuddin
16. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
17. Universitas Sumatera Utara
18. Universitas Padjadjaran
19. Universitas Pasundan
20. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Setelah melihat daftar di atas, niscaya kau ingin tau ‘kan, bagaimana sebetulnya metode pemeringkatan yang dipakai oleh 4ICU sehingga bisa mendapatkan hasil seolah-olah itu? Yuk, kita lihat klarifikasi aspek evaluasi dan metode yang dipakai seolah-olah yang dilansir dari kompas.com.

Kriteria utama perguruan tinggi tinggi tinggi
Ada tiga kriteria utama sebuah perguruan tinggi tinggi tinggi (PT) bisa diikutsertakan dalam penilain 4ICU. 
Pertama, perguruan tinggi tinggi tinggi telah terakreditasi nasional atau kawasan setempat. Di Indonesia sendiri ada BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) yang merupakan satu-satunya tubuh ratifikasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. So, untuk Perguruan Tinggi Negeri yang belum terakreditasi tidak akan masuk dalam kriteria evaluasi 4ICU.
Kedua, perguruan tinggi tinggi tinggi yang menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 (Sarjana) dan/atau Pascasarjana, baik itu tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3). Lembaga pendidikan yang hanya menyediakan pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas-kelas seminar, dan sebagainya tidak diikutsertakan dalam evaluasi 4ICU.
Ketiga, perguruan tinggi tinggi tinggi yang dinilai menerapkan sistem pendidikan secara eksklusif dengan bertatap muka, atau yang lebih dikenal sebagai sistem tradisional dengan format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dan mahasiswa. Maksudnya, proses pembelajaran dilakukan secara offline dengan fasilitas-fasilitas gedung sebagai sarana pertemuannya.

Proses pemeringkatan
Pemeringkatan dilakukan memakai uniRank University Ranking yang sudah terdaftar sebagai Global University Ranking oleh IREG Observatory on Academic Ranking and Excellence. Sistem algoritma yang dipakai menurut pada 5 website netral dan independen yang diekstraksi, adalah Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, dan Majestic Trust Flow.
Data yang diambil untuk melaksanakan pemeringkatan diambil dari pekan yang sama untuk meminimalisasi fluktuasi yang ada dan memaksimalkan pembandingan. Selanjutnya, akan dilakukan penyaringan sebelum masuk proses komputasi untuk mendeteksi adanya outlier dalam data mentah.
Dilansir dari kompas.com, jikalau perguruan tinggi tinggi tinggi mengadopsi subdomain sebagai halaman muka website resminya, akan dilakukan pemeriksaan dan tinjauan lebih lanjut terhadap Alexa Global Rank dan SimilarWeb Global Rank.
Setelah outlier telah terdeteksi dan data subdomain sudah ditinjau dan disesuaikan, data matriks web dinormalisasi menjadi skala 0-100 dengan mempertimbangkan sifat logaritma yang dipakai oleh beberapa website penilai yang digunakan. Kemudian, nila-nilai yang muncul dalam skala tersebut dikumpulkan menurut algoritma rata-rata yang menghasilkan skor final dan peringkat website sebuah perguruan tinggi tinggi tinggi.
Secara sederhana, bisa dikatakan evaluasi yang dilakukan oleh 4ICU mengakibatkan website universitas atau institut sebagai materi penilaian.
4ICU juga merilis aneka macam pemeringkatan lain menurut kategori yang berbeda-beda. Contohnya, universitas negeri dan swasta terbaik, universitas terbaik di media umum Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.
Nah, kini kau sudah mengetahui ‘kanalasan Perguruan Tinggi Negeri di atas yang berhasil meraih peringkat menurut 4ICU? Aspek evaluasi dari tiap forum pemeringkatan memang berbeda-beda, sehingga hasil dan peringkat universitas pun menjadi berbeda.

Belum ada Komentar untuk "Update Daftar Pemeringkatan Universitas Di Indonesia Versi 4Icu 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel