Savant Syndrome, Kemampuan Yang Melebihi Batas

https://miro.medium.com/max/850/1*2-y8FAjoVfO5XEkxi3I73Q.jpeg

Savant Syndrome

Savant Syndrome adalah kondisi seseorang yang bisa memberikan kemampuan yang mendalam atau kemampuan yang jauh melebihi batas normal. 
Orang yang mengidap savant syndrome bisa jadi mempunyai kelainan dalam perkembangan saraf, terutama gangguan spektrum autisme, atau bahkan cedera pada otak.
Contoh dari savant sindrom adalah seseorang yang angka tes IQ nya sangat rendah, namun memberikan keahlian istimewa dalam hal tertentu, contohnya hitung cepat, seni, mengingat, atau bermain musik. 
Meski dinamai "sindrom", savant syndrome tidak digolongkan sebuah kelainan mental dalam buku petunjuk medis mirip ICD-10 atau DSM-V.
Menurut penelitian Philosophical Transactions of the Royal Society of London, savant syndrome bisa tiba dari kongenital (pada ketika lahir) atau bisa didapatkan (acquired), jadi memang ada masalah di mana orang autisme yang pada ketika kecilnya tidak memberikan gejala savant syndrome, tetapi ketika besar mengidap sindrom ini.
Jadi, kau jangan pernah meremehkan apalagi mendiskriminasi orang yang autis, alasannya adalah dibalik semua itu niscaya ada kemampuan brilian yang tidak kau miliki.

Untuk yang kepo, inilah jurnal ilmiahnya :
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2677584/

Referensi : Wikipedia

Belum ada Komentar untuk "Savant Syndrome, Kemampuan Yang Melebihi Batas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel