Teknik Optimalisasi Utilitasi Memori Sistem Operasi



Optimalisasi Memori

Teknik Overlay

Teknik ini dipakai dalam administrasi memori partisi statis, overlay merupakan teknik yang membagi jadwal dari kepingan terbesar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil semoga bisa dimuat secara parsial ke dalam page memori yang berukuran lebih kecil. dengan memakai teknik ini, hanya arahan kode yang disalin ke partisi dan jikalau kepingan lain dari jadwal ditentukan maka akan dilakukan penimpaan(ter-replace) pada area overlay

Dynamic Loading

Dynamic Loading ialah suatu teknik dimana hanya kepingan belahan jadwal yang sedang dibutuhkan saja pada ketika dihukum yang akan disalin ke memori utama, semoga lebih efisien. Bagian-bagian yang tidak terpanggil ketika sanksi tidak akan disalin ke main memori/memori utama.
Dynamic loading dibutuhkan ketika jadwal yang cukup besar lantaran harus menangani banyak jadwal yang jarang terjadi.

Dynamic Linking

Teknik ini memungkinkan link ke pustakan jadwal dan disalin ke memori utama lalu akan dipakai bersama oleh sejumlah program. Linking dilakukan secara dinamis pada ketika eksekusi. File yang dipakai biasanya file dengan tipe .dll .sys ataupun .drv
Teknik iki menghemat memori lantaran sejumlah jadwal aplikasi yang memakai pustaka yang sama akan disalin satu kali saja kedalam memori utama.

Virtual Memori

Teknik virtual memori melibatkan memori sekunder, pada teknik ini diharapkan sebuah pengalamatan secara kebijaksanaan dan prosedur swapping. Swapping ialah suatu proses pemindahan sebagian/seluruh kepingan proses dari memori utama ke memori sekunder (SWAP OUT) dan juga sebaliknya, dari memori sekunder ke memori utama (SWAP IN).


Keuntungan dari teknik ini yakni :
  • Lebih sedikit I/O yang dilakukan lantaran swapping akan dilakukan per page/halaman
  • Lebih sedikit memori utama yang diharapkan untuk proses, lantaran hanya sebagian saja dari image proses yang akan disalin ke memori utama
  • Respon sistem akan menjadi lebih cepat lantaran proses eksekusinya cukup cepat
  • Lebih banyak proses yang bisa dijalankan secara bersamaan

Mekanisme Virtual memori

Demand Pagging
  • Jumlah frame dimemori utama untuk setiap proses tergantung tingkat multiprogramming. Semakin tinggi maka akan semakin sedikit jatah frame untuk tiap proses.
  • Menggunakan bit valid/invalid pada page table proses
  • Jika berstatus invalid maka akan terjadi trap page fault, lalu hal ini akan ditangani oleh SO ialah Page Fault Handler yang biasa bertugas untuk menangani operasi Swap-in terhadap page yang diperlukan.
Demand Segmentation
  • Tiap segmen berisi barisan linear alamat 0 hingga dengan maksimum. Panjang tiap segmen bisa berbeda-beda hingga panjang segmen maksimum.
  • Dengan segmentasi, pemrogram tidak akan berurusan dengan batasan-batasan memori yang disebabkan oleh kapasitas memori utama.
  • Spesifikasi alamat pada memori bersegmen ialah dua dimensi. Alamat terdiri dua bagian, ialah : Nomor segmen dan  Alamat pada segmen itu (offset)

Belum ada Komentar untuk "Teknik Optimalisasi Utilitasi Memori Sistem Operasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel