Tips Menciptakan Anak Suka Mencar Ilmu Bahasa Inggris 2019

Belajar BahasaInggris umumnya membosankan bagi belum cukup umur didik jikalau kita tidak bisa menyajikan materi Bahasa Inggris dengan metode yang sempurna atau bisa dikatakan menyenangkan bagi mereka. Selama penulis mengajar Bahasa Inggris di sekolah, sebagian dari belum cukup umur kurang interested dengan mapel Bahasa Inggris, kenapa?Ya yang terang Bahasa Inggris bukan bahasa ibu, statusnya yaitu Bahasa gila (foreign language) di Indonesia. Anak-anak tidak terbiasa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari dan bagi siswa SMP/MTs mencar ilmu Bahasa Inggris yaitu mapel yang pertama kali mereka terima lantaran adalah yaitu di SD/MI tidak semuanya mengajarkanya. Kurangnya kosa kata (vocabulary) Bahasa Inggris anak-anak, selain itu juga antara Bahasa Inggris dengan Bahasa Indonesia mempunyai perbedaan tata bahasa (grammar) maupun dari segi kultur/budaya (culture).
anak didik jikalau kita tidak bisa menyajikan materi Bahasa Inggris dengan metode yang sempurna Tips menciptakan anak suka mencar ilmu Bahasa Inggris 2019
Make a poster and write it with English to improve your English.

Mengapa Bahasa Inggris umumnya tidak disenangi oleh belum cukup umur didik? Tunggu dulu pendapat itu tidak mutlak benar. Toh masih ada bebeapa daerah dimana belum cukup umur sangat antusias dan enjoy mencar ilmu Bahasa Inggris. Berikut ini yaitu beberapa tips dari aku Bagaimana agar anak suka dan menyayangi mencar ilmu Bahasa Inggris:

1
Singing (menyanyi)
Untuk mengawali pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak didik yang gres mengenal Bahasa Inggris yaitu memperkenalkan mereka dengan nyanyian (song). Bisa berupa lagu-lagu anak (songs for children), maupun lagu barat namun perlu disortir lagu-lagu yang baik untuk anak. Contoh: Are you sleeping, Bingo, Old Mcdonald, number, ABC’s dll. Untuk lagu barat pintar balig cukup nalar bisa memakai lagu menyerupai “I have a dream” dari Westlife, “Count on me” dari Bruno Mars. Lagu-lagu mereka ini bertemakan usaha meraih mimpi dan persahabatan yang cocok untuk anak didik.

Tidak ada anak yang tidak suka dengan musik, lantaran adalah yaitu semenjak mereka duduk di dingklik Taman Kanak-kanak maupun SD mereka sudah diperkenalkan lagu-lagu. Mereka akan tertarik dengan pendekatan lagu. Belajar sambil bernyanyi yaitu salah satu kunci sukses anak mencar ilmu Bahasa Inggris. Beri kesan pertama yang faktual pada anak sehingga anak menjadi interested dengan Bahasa Inggris.


2
Playing games (Bermain games)
Setelah anak diperkenalkan songs (lagu-lagu) maka berikutnya perkenalkan mereka juga dengan games (permainan) yang bisa medukung pembelajaran Bahasa Inggris. Games misalnya: Spider web, Direction and Location games, Ten Little Indian games, Chinese wisper, Games vocabulary bisa berupa Teka-teki silang, menggambar dan mewarnai (drawing and colouring),dan masih banyak yang lainnya.

Ya bermain sambil mencar ilmu itulah kunci berikutnya, dunia anak yaitu dunia bermain. Meskipun anak SMP/MT menginjak masa remaja, namun games atau permainan bisa disisipkan untuk mencairkan suasana dan mengatasi kebosanan anak dalam mencar ilmu Bahasa Inggris.


3.
Using Projector (menggunakan LCD Proyektor)
Di kurun digital ini penggunaan media electronik menyerupai Proyektor sangat diharapkan untuk mempilkan gambar, video, dan ukiran pena yang menarik sehingga menciptakan anak menjadi antusias dalam mencar ilmu Bahasa Inggris. Sebelum mengajar seorang pendidik perlu mempersiapkand diri materi dan materi yang akan diajarkan. Guru bisa memakai slide menarik, gambar menarik dan video yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Untuk menambah antusiasme anak guru perlu juga menyiapkan sound
atau speaker aktif sehingga audio bisa terdengar jelas.


4
Using digital dictionary with Android mobile (Menggunakan kamus digital)
Kemajuan teknologi berita dan telekomunikasi tak bisa dibendung lagi. Penggunaan gadget mungkin akan bisa membantu anak dalam mencar ilmu Bahasa Inggris. Handphone Android bisa kita manfaatkan untuk diinstal aplikasi kamus digital Bahasa Inggris-Indonesia atau sebaliknya.

Penggunaan kamus digital lebih praktis dan cepat daripada kamus buku. Kita bisa mengetikan kata yang kita cari kemudian menerjemahkannya ke dalam Bahasa sasaran. Dari segi waktu memakai kamus digital ini lebih cepat dari pada kita mencari makna dan arti suatu kata secara alfabetis di kamus manual yang memakan waktu lebih lama. Keunggulan lain dari kamus digital ini yaitu terdapat fitur bunyi yang bisa diperdengarkan untuk melafalkan suatu kata dengan benar lantaran adalah yaitu yang melafalkan kata berasal dari native speaker.

Selain laba penggunaan HP sebagai kamus tidak luput dari masalah, selama penulis mengajar dan menganjurkan memakai kamus digital, ada beberapa anak yang memanfaatkan kesempatan ini, mereka bukannya membuka kamus namun mereka membuka aplikasi lain yang tidak diperbolehkan selama KBM berlangsung menyerupai facebook WhatsApp, YouTube, dll. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu menciptakan regulasi atau peraturan ketat sehingga anak tidak bermain-main dengan HP yang seharusnya dipakai hanya untuk Kamus saja.


5.
Teacher uses English instructions (guru Menggunakan isyarat Bahasa Inggris)
Kesuksesan mencar ilmu Bahasa Inggris berawal dari kebiasaan (habits), seorang guru perlu membiasakan memberi isyarat dalam Bahasa Inggris secara berulang-ulang, awalnya mereka anak didik merasa asing, namun jikalau ini dibiasakan mereka lambat laun akan memahami isyarat guru. Mereka juga mencar ilmu Bahasa Inggris secara langsung, antara isyarat dengan tindakan, antara teori dan praktik. Karena memang mencar ilmu Bahasa Inggris yaitu untuk alat komunikasi bukan hanya nilai-nilai akademik dan teori semat. Trik ini juga bisa menantang anak untuk mencar ilmu Bahasa Inggris

6
Asking students to learn English from printed materials or labels (mintalah anak untuk mencar ilmu Bahasa Inggris dari setiap ukiran pena Bahasa inggris yang ada di kertas atau label yang mereka temukan
Belajar Bahasa Inggris itu fleksible tidak harus ketika di sekolah, mintalah kepada anak didik anda untuk mencar ilmu Bahasa Inggris dari label atau bungkus produk tertentu seperti, sabun, pasta gigi, sarimi, handphone,dll. Biasanya pada kemasan tersebut terdapat dua bahasa petunjuk yang digunakan, salah satunya terdapat ukiran pena dan petunjuk Bahasa Inggris. Anak bisa mempelajari langsung, temukan kata dan kalimat Bahasa Inggris yang belum cukup umur merasa gila dan tidak mengetahui artinya. Dengan cara ini anak mencar ilmu kosa kata yang penting untuk mencapai kesuksesan Bahasa Inggris. Sedikit demi sedikit anak mencar ilmu yang pada akibatnya mereka mempunyai perbendaharaan kata yang banyak yang bisa mendukung pembelajaran Bahasa Inggris mereka di kelas.


Sementara ini itu dulu tips untuk memotivasi anak dalam Belajar Bahasa Inggris, untuk tips-tips berikutnya bisa penulis share pada posting berikutnya. Semoga artikel/tips menciptakan anak suka mapel Bahasa Inggris ini bisa memberi inspirasi, berita kepada para pembaca sehingga tergerak untuk berkreasi berikhtiar untuk menyajikan materi Bahasa Inggris dengan cara yang fun dan kreatif yang bisa diterima anak. Ubah mindset anak didik anda bahwa mencar ilmu Bahasa Inggris itu bukan momok yang angker apalagi selama ini Bahasa Inggris menjadi semacam beban bagi anak baik dalam KBM maupun Ujian Nasional sehingga ini bisa menghipnotis nilai akademik anak untuk mapel Bahasa Inggris.

Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses berjama’ah bagi kita semua. Amin.


Belum ada Komentar untuk "Tips Menciptakan Anak Suka Mencar Ilmu Bahasa Inggris 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel