Bahasa Inggris Sd Dihapus, Kiprah Berat Bagi Guru Di Smp Mts

Kurikulum 2013 tidak memberi daerah Pembelajaran Bahasa Inggris di Lingkungan SD. Itu artinya tidak ada lagi KBM dan pengenalan Bahasa Inggris untuk belum pandai balig cukup nalar SD. Meskipun sebagian sekolah masih  ada namun sifatnya hanya ektrakurikuler.

 tidak memberi daerah Pembelajaran Bahasa Inggris di Lingkungan SD Bahasa Inggris SD dihapus, tugas berat bagi guru di Sekolah Menengah Pertama MTs
Transisi anak SD ke SMP/MTs
Dengan adanya kebijakan gres di kurikulum ini maka akan berdampak pada anak dikala menginjak di Sekolah Lanjutan. Anak tidak mendapatkan pengenalan dasar Bahasa Inggris di level sebelumnya sehingga dikala di Sekolah Menengah Pertama atau MTs mereka berguru dari awal. Menurut saya ini terlambat alasannya ialah yaitu yaitu di level ini anak sudah harus mengikuti Materi Bahasa Inggris yang lebih kompleks. Di level ini waktu terbatas dan kecil untuk menawarkan pengenalan vocabulary dasar pada anak.

Beban yang lebih berat tentunya bagi guru di Sekolah Menengah Pertama MTs untuk menawarkan pelajaran dasar sebagai modal pembelajaran bahan di level SMP/MTs. Guru Sekolah Menengah Pertama MTs mempunyai tugas sebagai guru yang mengawali transfer ilmu dan keterampilan dasar bagi anak. Jika dulu Guru Sekolah Menengah Pertama bebanya terkurangi dan terbantu oleh guru-guru yang menawarkan pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI, sekarang mereka mempunyai tugas ganda di SMP/MTs.

Menurut saya eksklusif bekerjsama hak belum pandai balig cukup nalar untuk mengenal Bahasa Inggris semenjak dini mirip dirampas. Di Jenjang Sekolah Menengah Pertama MTs belum pandai balig cukup nalar kurang mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris yang happy dan fun layaknya di Taman Kanak-kanak atau di SD. Kalau di SD MI pembelajaran Bahasa Inggris lebih mengasyikan alasannya ialah yaitu yaitu memakai pendekatan atau metode songs and games, yaitu lagu dan permainan. Namun suasana ibarat itu jarang ditemukan di Sekolah Menengah Pertama dan MTs. Guru-guru terlihat lebih serius mengejar bahan yang pokok daripada membuang waktu untuk sekedar menyanyi atau permainan. Di sinilah hak anak sudah dihilangkan.


Berbeda sekali bila Bahasa Inggris tidak dihapus dan masih diajarkan dan diperkenalkan di tingkat SD, belum pandai balig cukup nalar dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dasar vocabulary yang menyenangkan tentunya yang sangat bermanfaat bagi mereka dikala melanjutkan di Sekolah yang lebih tinggi.

Belum ada Komentar untuk "Bahasa Inggris Sd Dihapus, Kiprah Berat Bagi Guru Di Smp Mts"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel