12 Tips Dan Cara Ampuh Menentukan Jurusan Kuliah Dalam Negeri Maupun Luar Negeri


1. Evaluai diri 
Mulailah dengan mengevaluasi hobi, prestasi dan sifat kau untuk mengerti bidang manakah yang cocok untuk kamu. Mungkin kau seseorang yang bertalenta di bidang musik atau seni lukis, kau sanggup mempertimbangkan untuk menentukan jurusan di bidang arts. Atau apabila kau sering berpartisipasi dalam olimpiade matematika dan sains, mungkin ilmu pengetahuan yang lebih teknik lebih cocok untuk kamu. Kegiatan apakah yang kau suka lakukan pada waktu luangmu? Biasanya hobi kau juga akan mencerminkan ketertarikan dan bakat kamu, lho! Pilihlah jurusan yang benar-benar kau suka semoga pengalaman kuliah kau bisa maksimal.

2. Lakukan riset ihwal jurusan yang kau pertimbangkan 
Sebaiknya, lakukanlah riset mendalam ihwal jurusan yang kau minati. Peluang karir apakah yang sanggup kau raih dengan gelar dari jurusan tersebut? Kamu juga harus mempertimbangkan ihwal pekerjaan yang nantinya akan kau lakukan apabila terjun ke dalam bidang tersebut, dan pertimbangkanlah sampai kau yakin bahwa kau benar tertarik disitu.

3. Pilih jurusan sesuai dengan apa yang kau sukai
Kalau kau nggak tahu mau jadi apa, pilih lah jurusan dari bidang yang paling kau sukai. Mempelajari hal yang kau sukai akan menyenangkan. Meski perkuliahan menjadi semakin sulit, lantaran kau menyukai bidang tersebut, kau gak akan mengalah apalagi menyesal di tengah jalan. Pastikan bidang tersebut benar-benar kau sukai bukan cuma tertarik lantaran menurutmu terlihat keren.

4. Pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan
Meski kau menyukai drama ihwal kedokteran atau seorang programmer terlihat keren di matamu, ada baiknya kau perhatikan kemampuan diri sendiri dulu. Kalau kau berakal di bidang seni atau sastra, kau nggak perlu mengambil jurusan eksak hanya lantaran orang bilang itu keren. Bidang apapun punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jurusan kuliah yang keren itu yaitu jurusan yang bisa membuatmu berprestasi dan membuatkan diri di dalamnnya. Bukan cuma jadi mahasiswa yang ikut-ikutan tren.

5. Pilih yang paling banyak peluang kerjanya
Ketika tanggapan kuliah nanti, kau akan dihadapkan dengan sulitnya dunia kerja. Bukan cuma dunia kerja yang sulit, tapi untuk masuk dunia kerja pun sulit. Zaman kini mencari pekerjaan relatif sullit. Kalau kau belum tahu mau jadi apa dan tidak ada bidang yang benar-benar kau sukai, gak ada salahnya menentukan jurusan yang peluang kerjanya paling banyak. Toh tanggapan kuliah, kau juga akan cari kerja kan?
6. Pilih jurusan yang diperlukan dimana-mana atau bisa masuk banyak bidang
elain mencari jurusan yang peluang kerjanya banyak, jikalau kau belum tahu mau apa, mencari jurusan yang fleksibel untuk kerja dimana saja juga bukan wangsit yang buruk. Jurusan Teknik informatika atau akuntansi yang selalu diperlukan perusahaan apapun latarbelakang perusahaannya bisa jadi pilihan yang baik. Tapi ingat, pertimbangkan kemampuan dan minat kau dulu ya.

7. Lakukan aptitude test
Aptitude test atau tes bakat sanggup membantu kau yang kurang yakin ihwal bakat dan kemampuan kamu. Ada banyak akomodasi tes bakat yang sanggup kau lakukan di Indonesia, ada juga tes dari situs online. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menuruti hasil yang kau sanggup tanpa berpikir lebih lanjut semoga tidak menentukan langkah yang salah.

8. Bertanya kepada mahasiswa fakultas yang kau minati 
Apabila kau tidak yakin ihwal jurusan yang kau suka, kau bisa menghubungi alumni atau mahasiswa yang sedang mempelajari hal tersebut. Kamu sanggup bertanya ihwal hal-hal spesifik yang dipelajari, pengalaman mereka dalam mengerjakan tugas dan poin pro dan kontra dari jurusan tersebut.
baca juga: 7 Jalur Pendaftaran Masuk Universitas Lampung
9. Pertimbangkan opsi double major atau major/minor
Bingung menentukan antara dua jurusan yang menarik? Apa bila universitas kau mengadakan acara double major, kau bisa sekaligus mencar ilmu dua-duanya dan lulus dengan dua gelar. Walaupun pilihan ini akan sangat sibuk, tentunya lulus dengan dua gelar terdengar seakan-akan pilihan yang menarik, bukan? Kamu juga bisa menentukan acara major/minor dimana kau menentukan satu jurusan utama, dan mengambil kelas minor dari jurusan lain. Namun, banyak universitas yang hanya memperbolehkan kau menentukan dua jurusan yang masih berhubungan. 

10. meminta pertimbangan dengan keluarga
Dalam menentukan jurausan faktor keluarga sangatlah penting, lantaran sumber biaya dan dikala kita sudah masuk kuliahpun kita masih tergantung keluarga, apapun kesudahannya keluarga juga yang ikut menanggungnya, saran ane sebelum menentukan jurusan kuliah di musyawarahkan baik baik dengan kedua orang tua, semoga semua berjalan sebagaimana mestinya

11. Perbanyak browsing
Sekarang sudah jamanya yang canggih-canggih gan, semua ada di mbah google, internet tak sekedar untuk kesenangan dan bisnis tapi juga untuk menggali pengetahuan dan informasi, tapi dalam hal ini anda harus berhati-hati dalam mencari info yang akurat, lebih baik cari sumbernya terlebih dahulu, untuk duduk persoalan menentukan jurusan pun sebaiknya ane sarankan untuk perbanyak browsing di google tapi liat info nya yang terpercaya aja kayak media yang udah terkenal, soalnya ane pernah ketipu waktu mau snmptn, waktu itu ane mau milih jurusan ilmu komunikasi unair, nah sehabis browsing ada yang menuliskan jikalau pesaing di unair tu Cuma ratusan eh sehabis daftar ternyata ribuan bahkan puluhan ribu, gagal lah ane di snmptn.

12. sering kontak dengan BK
BK atau yang sering di sebut dengan bimbingan konseling yaitu daerah yang bagus buat kita curhat dan meminta petunjuk buat hal hal yang genting, di sekolah ane bk merupakan teman yang selalu ingat pada di kita yang selalu menasehati dll. Nah dikala resah menentukan jurusan kulaih ane sarankan anda meminta nasehat ke BK lantaran Biasanya BK lebih faham dari guru guru lainnya. Dan BK juga biaasnya punya data data akurat untuk wawasan kita menentukan jurusan , seakan-akan halnya data pesaing,kuota,peluang tahun ini dan kemarin pun  BK sudah mempersiapkan. Makara kita tinggal lihat analisis dan putuskan sebagai rujukan buat memlih jurusan.

Belum ada Komentar untuk "12 Tips Dan Cara Ampuh Menentukan Jurusan Kuliah Dalam Negeri Maupun Luar Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel